Wiki

Apa Itu Management

Management adalah proses mengelola atau mengatur sebuah organisasi, baik organisasi bisnis maupun organisasi lainnya, agar tercapai tujuan yang diinginkan. Management meliputi berbagai kegiatan, seperti merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, dan mengontrol segala sesuatu yang dilakukan oleh organisasi tersebut.

Management juga bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya yang dimiliki organisasi, seperti sumber daya manusia, sumber daya finansial, dan sumber daya material. Management harus mampu mengoptimalkan penggunaan sumber daya tersebut agar organisasi dapat beroperasi dengan efektif dan efisien.

Management juga bertanggung jawab untuk mengelola hubungan dengan pihak-pihak yang terkait dengan organisasi, seperti pelanggan, pemasok, karyawan, dan pemerintah. Management harus mampu menjaga hubungan yang baik dengan pihak-pihak tersebut agar organisasi dapat terus beroperasi dengan lancar.

Management terdiri dari berbagai tingkatan, mulai dari management tingkat tinggi hingga management tingkat rendah. Management tingkat tinggi biasanya terdiri dari para eksekutif atau pimpinan organisasi, sedangkan management tingkat rendah biasanya terdiri dari para manager atau supervisor.

Management tingkat tinggi bertanggung jawab untuk mengelola organisasi secara keseluruhan dan membuat kebijakan yang mengatur segala sesuatu yang dilakukan oleh organisasi. Sedangkan management tingkat rendah bertanggung jawab untuk mengelola segala sesuatu yang terkait dengan departemen atau unit kerja tertentu yang ada di organisasi.

Dengan demikian, management adalah proses mengelola atau mengatur sebuah organisasi agar tercapai tujuan yang diinginkan. Management bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya yang dimiliki organisasi, serta mengelola hubungan dengan pihak-pihak yang terkait dengan organisasi. Management terdiri dari berbagai tingkatan, mulai dari management tingkat tinggi hingga management tingkat rendah.

Management juga bisa dikelompokkan menurut tipe kepemimpinannya, yaitu autokratik, demokratis, dan laissez-faire.

Management autokratik merupakan tipe kepemimpinan yang kuat dan bersifat otoriter, dimana pimpinan memegang semua kekuasaan dan membuat keputusan sendiri tanpa banyak bergantung pada orang lain. Management autokratik bisa efektif dalam situasi darurat atau ketika ada kebutuhan untuk mengambil keputusan dengan cepat, namun bisa menyebabkan ketidakpuasan karyawan dan menghambat kreativitas dan inovasi.

Baca Juga:  Apa Itu Demokrasi

Management demokratis merupakan tipe kepemimpinan yang memberikan ruang yang lebih luas bagi karyawan untuk memberikan masukan dan terlibat dalam proses pembuatan keputusan. Management demokratis bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi karyawan, namun bisa memakan waktu lebih lama dalam proses pembuatan keputusan.

Management laissez-faire merupakan tipe kepemimpinan yang memberikan kebebasan yang sangat luas bagi karyawan untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan minat masing-masing. Management laissez-faire bisa meningkatkan kreativitas dan inovasi karyawan, namun bisa menyebabkan ketidaktersediaan pengawasan yang cukup dan menurunnya kinerja karyawan.

Management juga bisa dikelompokkan menurut tipe organisasinya, yaitu organisasi fungsional, organisasi matrik, dan organisasi proyek.

Organisasi fungsional merupakan tipe organisasi yang terdiri dari berbagai departemen yang bertanggung jawab atas kegiatan tertentu, seperti departemen produksi, departemen pemasaran, dan departemen keuangan.

Organisasi matrik merupakan tipe organisasi yang menggabungkan struktur fungsional dengan struktur proyek. Di organisasi matrik, karyawan bisa tergabung dalam tim proyek sementara juga masih terikat pada departemennya masing-masing. Organisasi matrik bisa memperkuat hubungan antar departemen dan memudahkan koordinasi antar proyek, namun bisa menyebabkan konflik antara tim proyek dan departemen yang terlibat.

Organisasi proyek merupakan tipe organisasi yang terdiri dari tim proyek yang terpisah yang bertanggung jawab atas pengelolaan suatu proyek tertentu. Organisasi proyek biasanya terdiri dari karyawan yang terdiri dari berbagai departemen yang terlibat dalam proyek tersebut. Organisasi proyek bisa mempercepat proses pengambilan keputusan dan meminimalkan konflik antar departemen, namun bisa menyulitkan koordinasi antar proyek yang sedang berjalan.

Dengan demikian, management adalah proses mengelola atau mengatur sebuah organisasi agar tercapai tujuan yang diinginkan. Management bisa dikelompokkan menurut tipe kepemimpinannya, yaitu autokratik, demokratis, dan laissez-faire, serta dikelompokkan menurut tipe organisasinya, yaitu organisasi fungsional, organisasi matrik, dan organisasi proyek. Management yang efektif dan efisien diperlukan untuk mengelola organisasi secara baik dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Baca Juga:  Apa Itu Kewajiban
Artikel Terkait

Apa Itu Resesi Ekonomi

Apa Itu Implementasi

Apa Itu Median