Wiki

Apa Itu Median

Median adalah nilai tengah dari suatu data kelompok, yang didapat dengan mengurutkan data tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar. Median digunakan untuk menggambarkan suatu data kelompok yang memiliki distribusi data yang tidak simetris atau tidak seimbang.

Untuk mencari median dari suatu data kelompok, pertama-tama kita harus mengurutkan data tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar. Kemudian, jika jumlah data adalah genap, maka median didapat dengan menjumlahkan nilai tengah dari data tersebut dan membagi hasilnya dengan dua. Jika jumlah data adalah ganjil, maka median adalah nilai tengah dari data tersebut.

Contoh, jika kita memiliki data kelompok berikut: 3, 5, 7, 9, 11

Maka, kita dapat mengurutkan data tersebut menjadi: 3, 5, 7, 9, 11

Karena jumlah data adalah ganjil, maka median adalah nilai tengah dari data tersebut, yaitu 7.

Sedangkan jika kita memiliki data kelompok berikut: 3, 5, 7, 9, 11, 13

Maka, kita dapat mengurutkan data tersebut menjadi: 3, 5, 7, 9, 11, 13

Karena jumlah data adalah genap, maka median didapat dengan menjumlahkan nilai tengah dari data tersebut dan membagi hasilnya dengan dua, yaitu 8/2 = 4.

Median sangat berguna dalam menggambarkan suatu data kelompok yang memiliki distribusi data yang tidak simetris atau tidak seimbang. Median juga lebih tepat digunakan dibandingkan dengan rata-rata (mean) dalam menggambarkan suatu data kelompok yang memiliki outlier (data yang sangat jauh dari nilai rata-rata).

Contoh, jika kita memiliki data kelompok berikut: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Maka, mean dari data tersebut adalah (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10)/10 = 5.5, sedangkan median adalah 5.

Namun, jika kita menambahkan outlier ke dalam data tersebut, seperti: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 1000

Baca Juga:  Apa Itu Tesis

Maka, mean dari data tersebut menjadi (1+2+3+4+5+6+7+8+9+10+1000)/11 = 91.818, sedangkan median masih 5.

Dari contoh di atas, kita dapat melihat bahwa mean tidak lagi menggambarkan dengan tepat distribusi data yang sebenarnya, karena terpengaruh oleh outlier yang sangat jauh dari nilai rata-rata. Sedangkan median masih dapat menggambarkan dengan tepat distribusi data yang sebenarnya, karena tidak terpengaruh oleh outlier.

Selain itu, median juga dapat digunakan untuk mencari nilai tengah dari suatu rentang data. Misalnya, jika kita memiliki data kelompok berikut: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Maka, rentang data tersebut adalah 10-1 = 9, sedangkan median adalah 5. Jadi, nilai tengah dari rentang data tersebut adalah 5, yang merupakan nilai tengah dari data kelompok tersebut.

Median juga sering digunakan dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, statistik, dan lainnya. Median dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan data yang ada, serta dapat membantu dalam mengidentifikasi pola dan tren dari suatu data kelompok.

Dengan demikian, median merupakan indikator penting dalam menggambarkan suatu data kelompok yang memiliki distribusi data yang tidak simetris atau tidak seimbang. Median juga dapat membantu dalam mengambil keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan data yang ada, serta dapat membantu dalam mengidentifikasi pola dan tren dari suatu data kelompok.

Artikel Terkait

Apa Itu Resesi Ekonomi

Apa Itu Implementasi

Apa Itu Median