Wiki

Apa Itu Resume, Pengertian, Perbedaan dan Unsur yang Ada

Membuat resume merupakan salah satu langkah penting dalam mencari pekerjaan. Resume adalah dokumen yang menggambarkan riwayat hidup dan kualifikasi seseorang, sehingga dapat membantu perusahaan dalam menentukan apakah seseorang layak untuk diterima bekerja atau tidak.

Membuat resume yang baik dan menarik dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membuat resume yang menonjol dan mencerminkan kemampuan dan pengalaman Anda dengan baik.

Artikel Ensiklopedia kali ini akan membahas secara detail tentang apa itu Resume.

Pengertian Resume

Resume adalah sebuah dokumen yang menyajikan riwayat hidup atau profil singkat seseorang yang biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan. Resume ini biasanya dibuat oleh pelamar pekerjaan sendiri dan diberikan kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Perlu diketahui, Resume biasanya berisi informasi mengenai identitas pribadi, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan, dan referensi. Dengan menyajikan informasi tersebut, sebuah resume bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan apakah pelamar tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Selain itu, sebuah resume juga bisa menjadi salah satu cara bagi pelamar pekerjaan untuk menunjukkan bahwa dirinya memiliki kemampuan yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Dengan menyajikan informasi yang jelas dan terstruktur, sebuah resume bisa menjadi salah satu bagian penting dalam proses seleksi pekerjaan.

Perbedaan Resume dengan Esai

Resume dan esai adalah dua jenis tulisan yang berbeda. Resume adalah sebuah ringkasan atau rangkuman dari sebuah tulisan yang panjang, dengan mengambil bagian-bagian yang penting saja. Sedangkan esai adalah tulisan yang lebih panjang dan mendalam tentang sebuah topik, yang biasanya mengandung pendapat dan analisis penulis.

Perbedaan lain antara resume dan esai adalah dalam bentuk penyajiannya. Resume biasanya ditulis dalam bentuk uraian singkat dan padat, sedangkan esai lebih bersifat naratif dan memiliki struktur yang lebih terorganisir. Resume juga biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi masuk suatu institusi, sedangkan esai biasanya ditulis untuk menyampaikan pendapat atau analisis penulis tentang sebuah topik.

Perbedaan Resume dengan Ikhtisar

Resume dan ikhtisar adalah dua jenis tulisan yang berbeda, namun seringkali digunakan untuk menyajikan informasi secara singkat dan padat. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memberikan gambaran umum tentang sebuah tulisan atau topik, ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari segi penyajian dan tujuan penulisannya.

1. Bentuk Penyajian

Pertama, perbedaan utama antara resume dan ikhtisar adalah dalam bentuk penyajiannya. Resume biasanya ditulis dalam bentuk uraian singkat tentang latar belakang pribadi, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Sedangkan ikhtisar lebih bersifat umum dan menyajikan informasi tentang sebuah tulisan atau topik secara keseluruhan, tanpa menjelaskan secara rinci.

Baca Juga:  Apa Itu Analisis

2. Tujuan Penulisan

Kedua, perbedaan lain antara resume dan ikhtisar adalah dalam tujuan penulisannya. Resume biasanya digunakan untuk melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi masuk suatu institusi. Sedangkan ikhtisar lebih bersifat sebagai panduan atau petunjuk bagi pembaca untuk memahami sebuah tulisan atau topik dengan lebih mudah.

3. Fokus Penulisan

Ketiga, resume biasanya lebih fokus pada pengalaman kerja, pendidikan, dan kemampuan seseorang, sementara ikhtisar lebih fokus pada informasi umum tentang sebuah topik atau tulisan, termasuk latar belakang, tujuan, dan kesimpulan.

4. Detail Penulisan

Keempat, dari segi panjang dan detail, resume biasanya lebih pendek dan ringkas dibandingkan ikhtisar. Resume biasanya hanya mencakup informasi yang paling penting saja, sedangkan ikhtisar bisa lebih panjang dan menyajikan informasi secara lebih rinci.

Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan ini, Anda dapat lebih mudah memahami dan menggunakan resume dan ikhtisar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin Anda capai.

Perbedaan Resume dengan Curriculum Vitae (CV)

Resume dan Curriculum Vitae (CV) adalah dua jenis dokumen yang sering digunakan untuk melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi masuk suatu institusi. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan gambaran umum tentang latar belakang pribadi, pengalaman kerja, dan kemampuan seseorang, ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari segi penyajian dan tujuan penulisannya.

1. Bentuk Penyajian

Pertama, perbedaan utama antara resume dan CV adalah dalam bentuk penyajiannya. Resume biasanya ditulis dalam bentuk uraian singkat tentang latar belakang pribadi, pengalaman kerja, dan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang. Sedangkan CV lebih bersifat umum dan menyajikan informasi tentang seluruh riwayat hidup seseorang secara kronologis, termasuk informasi pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan, dan prestasi yang telah dicapai.

2. Panjang Penulisan

Kedua, perbedaan lain antara resume dan CV adalah dalam panjangnya. Secara umum, resume lebih pendek dibandingkan CV. Resume biasanya hanya memiliki panjang 1-2 halaman, sedangkan CV dapat mencapai 4-5 halaman atau bahkan lebih, tergantung pada jumlah pengalaman dan prestasi yang ingin disajikan.

3. Tujuan Penulisan

Ketiga, perbedaan lain antara resume dan CV adalah dalam tujuan penulisannya. Resume biasanya ditulis untuk melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi masuk suatu perusahaan atau institusi. Oleh karena itu, resume harus ditulis dengan menyoroti kemampuan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Sedangkan CV biasanya ditulis untuk tujuan akademis, seperti melamar beasiswa atau mengikuti seleksi masuk universitas. Oleh karena itu, CV harus ditulis dengan menyoroti prestasi akademis dan pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang studi atau program yang dipilih.

Sekian penjelasan tentang perbedaan resume dan CV. Meskipun terdapat perbedaan dalam penyajian dan tujuan penulisannya, kedua jenis dokumen tersebut sama-sama penting dalam membantu seorang individu untuk menunjukkan latar belakang dan kemampuan yang dimilikinya. Dengan menulis resume atau CV yang baik dan menyajikan informasi yang relevan dan menarik, seseorang dapat memperkuat posisinya dalam melamar pekerjaan atau mengikuti seleksi masuk suatu institusi.

Baca Juga:  Apa Itu Doping, Sejarah, Bahaya dan Jenis-jenis yang Dilarang

Unsur dalam Sebuah Resume

Seiring dengan kebutuhan akan lowongan kerja yang semakin tinggi, sebuah resume atau daftar riwayat hidup menjadi salah satu syarat penting yang harus dipenuhi oleh pelamar pekerjaan. Unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah resume sangat penting untuk memperkuat posisi pelamar dan menunjukkan kemampuan yang dimiliki.

Ada beberapa unsur yang harus terdapat dalam sebuah resume, di antaranya adalah:

1. Identitas Pribadi

Termasuk nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan alamat tempat tinggal.

2. Judul atau Posisi yang dilamar

Ini adalah bagian yang menunjukkan posisi atau jenis pekerjaan yang ingin dilamar oleh pelamar.

3. Riwayat Pendidikan

Memberikan informasi tentang pendidikan terakhir dan institusi pendidikan yang pernah ditempuh, termasuk nama institusi, tahun lulus, dan gelar yang diperoleh.

4. Pengalaman Kerja

Memberikan informasi tentang pengalaman kerja yang pernah dimiliki, termasuk nama perusahaan, tanggal mulai dan selesai bekerja, dan deskripsi singkat tentang pekerjaan yang dilakukan.

5. Kemampuan

Memberikan informasi tentang kemampuan dan keterampilan yang dimiliki, seperti kemampuan bahasa asing, kemampuan mengoperasikan program komputer, atau kemampuan lain yang relevan dengan posisi yang dilamar.

6. Referensi

Memberikan informasi tentang orang-orang yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pelamar, seperti nama, alamat, dan nomor telepon.

Selain itu, dalam sebuah resume juga biasanya terdapat beberapa bagian tambahan yang bisa menunjang kualitas dari resume tersebut. Beberapa bagian tambahan tersebut di antaranya adalah:

  • Riwayat organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler
    Memberikan informasi tentang organisasi atau kegiatan ekstrakurikuler yang pernah diikuti pelamar, termasuk nama organisasi, tanggal mulai dan selesai, dan peran yang dijalankan.
  • Prestasi atau penghargaan yang pernah diraih
    Memberikan informasi tentang prestasi atau penghargaan yang pernah diraih pelamar, termasuk nama prestasi atau penghargaan, tanggal, dan penjelasan singkat tentang prestasi atau penghargaan tersebut.
  • Karya tulis atau publikasi
    Memberikan informasi tentang karya tulis atau publikasi yang pernah dibuat pelamar, termasuk judul, tanggal, dan tempat publikasi.
  • Hobi dan minat
    Memberikan informasi tentang hobi atau minat pelamar, yang bisa menunjukkan kepribadian dan kemampuan lain yang dimiliki oleh pelamar.
  • Pernyataan sikap atau tujuan kerja
    Memberikan informasi tentang sikap atau tujuan kerja yang diinginkan pelamar, yang bisa menunjukkan keinginan dan motivasi pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar.

Secara keseluruhan, sebuah resume merupakan sebuah dokumen yang sangat penting dalam proses melamar pekerjaan. Dengan menyajikan informasi yang jelas dan terstruktur, sebuah resume bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan apakah pelamar tersebut sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pelamar pekerjaan harus memperhatikan setiap detail dalam membuat sebuah resume agar bisa menjadi salah satu faktor yang membuat pelamar tersebut dipilih oleh perusahaan.

Artikel Terkait

Apa Itu Resesi Ekonomi

Apa Itu Implementasi

Apa Itu Median