Wiki

Apa Itu Tremor

Tremor adalah gejala klinis yang ditandai dengan adanya getaran atau gemetar pada salah satu bagian tubuh, seperti tangan, kepala, atau bahkan seluruh tubuh. Tremor dapat terjadi secara spontan atau saat seseorang melakukan suatu aktivitas. Gejala ini biasanya terjadi secara berkala dan dapat terasa ringan hingga sedang.

Tremor dapat terjadi karena berbagai penyebab, seperti stres, kelelahan, kegembiraan, atau konsumsi obat-obatan tertentu. Namun, tremor juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan, seperti penyakit Parkinson, sindrom esencial, atau gangguan sistem saraf pusat.

Ada beberapa tipe tremor yang dapat terjadi, diantaranya adalah:

  1. Tremor esencial: merupakan tipe tremor yang paling umum terjadi. Tremor esencial biasanya terjadi pada tangan dan dapat terjadi saat seseorang melakukan aktivitas atau saat istirahat. Penyebab tremor esencial masih belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf pusat.

  2. Tremor Parkinson: merupakan tipe tremor yang terjadi pada orang yang menderita penyakit Parkinson. Tremor Parkinson biasanya terjadi pada tangan, kepala, dan bibir, dan dapat terjadi saat seseorang melakukan aktivitas atau saat istirahat. Tremor Parkinson disebabkan oleh kekurangan hormon dopamine di otak.

  3. Tremor fokal: merupakan tipe tremor yang terjadi pada bagian tubuh tertentu, seperti tangan atau kepala. Tremor fokal dapat disebabkan oleh masalah pada sistem saraf, seperti cedera otak atau tumor otak.

Tremor dapat diatasi dengan berbagai cara, tergantung pada penyebab tremor yang terjadi. Jika tremor disebabkan oleh stres atau kelelahan, seseorang dapat mencoba mengatur pola tidur yang lebih teratur dan mengurangi aktivitas yang memicu stres. Jika tremor disebabkan oleh obat-obatan, dokter akan mencoba mengganti obat tersebut dengan obat yang tidak menyebabkan tremor.

Baca Juga:  Apa Itu Orientasi, Pengertian, Jenis, Manfaat dan Tujuan

Untuk tremor yang disebabkan oleh penyakit kesehatan, dokter akan memberikan terapi yang sesuai dengan penyebab tremor tersebut. Misalnya, untuk tremor Parkinson, dokter akan memberikan obat yang mengandung dopamine untuk mengontrol tremor yang terjadi.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi tremor, diantaranya adalah:

  1. Berlatih teknik relaksasi, seperti meditasi atau yoga, untuk mengurangi stres dan kegembiraan.

  2. Menggunakan alat bantu, seperti penjepit atau penyangga, untuk membantu mengontrol tremor pada tangan.

  3. Melakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan kondisi fisik dan mental.

  4. Mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari konsumsi alkohol dan rokok.

  5. Mencari dukungan dari keluarga dan teman untuk mengurangi beban yang dirasakan.

Jika tremor yang terjadi cukup parah atau mengganggu aktivitas sehari-hari, seseorang sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan terapi yang tepat. Dengan demikian, tremor dapat diatasi sehingga seseorang dapat kembali menjalani kehidupan seperti biasanya.

Artikel Terkait

Apa Itu Resesi Ekonomi

Apa Itu Implementasi

Apa Itu Median