Ini 5 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Fresh Graduate, Mau?

Ini 5 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Fresh Graduate, Mau?

Pada zaman sekarang, gaji yang tinggi merupakan salah satu hal yang diidam-idamkan oleh semua orang, tak terkecuali oleh para fresh graduate. Akan tetapi, tidak sedikit berita yang beredar menyatakan bahwa fresh graduate sulit untuk mendapatkan gaji yang tinggi karena biasanya hal itu didapat seiring dengan pengalaman dan jam terbang dari seseorang. Sebenarnya, bukan tidak mungkin seorang fresh graduate bisa langsung menerima gaji yang tinggi. Terdapat sejumlah profesi yang membutuhkan kemampuan khusus sehingga bisa memberikan gaji di atas Rp 8 juta. Berikut beberapa contoh profesi yang dapat memberikan gaji yang tinggi untuk semua orang yang memiliki kemampuan khusus tak terkecuali seorang fresh graduate:

1. Dokter Spesialis

Dokter Spesialis
Sumber : solopos.com

Dari dahulu, tidak sedikit orang tua yang menginginkan anaknya untuk menjadi dokter. Memang, profesi dokter dikenal sebagai profesi dengan gaji yang tinggi. Seperti yang diketahui, gaji dokter umum terdengar menggiurkan, akan tapi, kamu akan lebih takjub ketika mengetahui gaji dokter spesialis. Gaji dokter spesialis di rumah sakit pemerintah dimulai dari Rp 10 Juta, sedangkan gaji dokter spesialis di rumah sakit swasta bisa mencapai Rp 50 juta. Wah, menakjubkan sekali bukan! 

Eh, tapi untuk kamu para fresh graduate, menjadi seorang dokter spesialis itu gak mudah loh, untuk masuk ke jurusannya aja, kamu harus menghadapi persaingan ketat. Lalu, setelah lulus, kamu harus praktek lapangan dulu. Juga, tanggung jawabmu sebagai seorang dokter spesialis juga tentunya gak main-main karena nyawa seseorang berada di tanganmu. Gimana, masih tertarik dengan pekerjaan ini?

2. Information Technology (IT) Specialist 

IT Spesialis
Sumber : magazine.job-like.com

Pada era dimana teknologi berkembang dengan pesat, tentu saja IT specialist merupakan salah satu profesi dengan gaji terbesar di Indonesia, apalagi mereka yang bekerja di perusahaan besar. Pada tahun 2015 lalu tercatat gaji IT specialist ini minimal mendapatkan 16 juta rupiah per bulan, sesuai tingkat kemampuan dan keahlian yang dimiliki.

Pekerjaan di dalam bidang IT specialist cukup beragam. Salah satu contohnya adalah menjadi software engineering. Pada profesi tersebut kamu bisa mendapatkan gaji berkisar antara Rp 3,5 juta hingga Rp 15 juta yang akan disesuaikan dengan kemampuan dan pengalaman kerja. Nah, untuk kamu para fresh graduate, coba pelajari ilmu tentang IT agar kamu bisa menjadi IT specialist!

3. Manajer Human Resource Development (HRD)

Manajer HRD
Sumber : idntimes.com

Pada perusahaan manapun, pasti dibutuhkan seseorang untuk mengelola sumber daya manusianya agar tujuan perusahaan tersebut dapat tercapai. Manajer HRD bertugas untuk melakukan screening dan memilah kandidat selama perusahaan sedang melakukan pencarian karyawan baru (open recruitment). Seorang Manajer HRD harus dapat memilah calon karyawan baru yang sesuai dengan visi misi perusahaan agar dapat bekerja secara maksimal. Pekerjaan tersebut memang tidak mudah, akan tetapi gaji yang ditawarkan juga tidak sedikit. Dilansir dari situs karyaone.co.id, penghasilan seorang Manajer HRD bisa mencapai angka di atas Rp 30 juta.

Biasanya, posisi ini banyak diisi oleh mahasiswa yang berasal dari lulusan jurusan psikologi, hukum, dan manajemen. Eits, tapi, untuk mahasiswa jurusan lain juga tidak menutup kemungkinan untuk dapat bekerja pada profesi ini loh. Jadi, untuk kamu para fresh graduate, yuk cari tahu keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang HRD!

4. Ahli Pertambangan

Ahli Pertambangan
Sumber : duniatambang.co.id

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara tambang terbesar kedua di dunia. Kondisi ini harus dimanfaatkan dengan sangat baik karena dalam kuliah pun ternyata ada jurusan tentang pertambangan. Ketika sudah lulus, para lulusan teknik pertambangan memiliki banyak kesempatan untuk bekerja karena jurusan ini memiliki banyak bidang pekerjaan.

Fresh graduate atau lulusan baru yang bekerja sebagai teknik pertambangan dapat mengantongi uang gaji bulanan minimal Rp 8 juta. Terlebih, pada perusahaan tambang dengan cakupan Internasional, gaji yang akan diperoleh Rp 15 juta tiap bulannya. Wah, menggiurkan sekali, ya!

5. Content Manager

Content Manager
Sumber : dietdoctor.com

Seiring dengan jalannya teknologi, media sosial semakin marak digunakan oleh setiap orang. Maka, hampir semua perusahaan menggunakan media sosial sebagai kanal promosi untuk memasarkan barang atau jasa yang disediakan. Dalam kegiatan mempromosikan, tentu saja harus dibuat sebuah konten yang menarik agar para calon konsumen minat untuk melakukan pembelian. Keadaan tersebut membuat banyak perusahaan membutuhkan profesi content manager. 

Dilansir dari situs borobudurnews.com, penghasilan seorang content manager mencapai hingga Rp 40 juta tiap bulannya loh! Nah, bagi kamu yang suka bikin konten yang menarik, bisa banget menggeluti profesi ini!
 

ChatAja Jobs

Agar kamu, para fresh graduate, bisa menempati posisi-posisi di atas tentu butuh usaha dan kerja keras. Ditambah lagi, kamu akan berkompetisi dengan ribuan atau bahkan jutaan orang lainnya. Maka dari itu, kamu harus mempunyai nilai jual sehingga kamu terlihat lebih menonjol dari kandidat lain. Selain itu, kamu juga harus punya niat yang kuat dalam mencari pekerjaan. Kamu bisa mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan melalui internet atau aplikasi yang menyediakan informasi tersebut. Salah satunya aplikasi ChatAja. Pada ChatAja, terdapat fitur ChatAja Jobs yang dapat dimanfaatkan oleh setiap orang, tidak terkecuali para fresh graduate, untuk mencari tahu informasi update mengenai lowongan pekerjaan. Download aplikasi ChatAja dan cari kesempatanmu untuk bekerja dengan gaji tinggi sekarang juga!

 

Download for Android Download for iOS