facebook
ChatAja-spinner

Aplikasi Pesan Singkat ChatAja sebagai Alternatif Whatsapp yang Lebih Ringan dan Aman

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengambil langkah membatasi penggunaan media sosial guna menghalangi penyebaran hoaks terkait dengan Aksi 22 Mei. Pembatasan akses ke beberapa media sosial berdampak pada lambatnya akses fitur seperti mengunggah foto dan video. Artinya sebanyak 124 juta atau sebesar 83% pengguna internet di Indonesia (Survei Wearesocial Hootsuite Januari 2019) yang menggunakan aplikasi Whatsapp terkena imbasnya. Sejumlah penjual online shop yang paling merasakan bisnisnya terguncang. Mereka yang mengandalkan media sosial dan aplikasi perpesanan Whatsapp kesal lantaran tidak bisa mengunggah foto-foto produk untuk jualan. Adapun akses media sosial yang terbatas selama tiga hari karena aksi demo 22 Mei membuat sejumlah pedagang jual beli online rugi Rp 681 Miliar (Republika, 24 Mei 2019).

Baru dalam waktu beberapa jam saja, netizen Indonesia sudah mempunyai alternatif lain pengganti Whatsapp seperti Line, Telegram dan Wechat. Salah satu aplikasi pesan singkat karya anak bangsa, ChatAja, juga menjadi alternatif yang banyak diunduh di platform Android dan iOS selama pemblokiran media sosial. Aplikasi instant messenger cloud based storage pertama di Indonesia ini dapat meringankan performa smartphone. Inovasi yang diunggulkan adalah layanan penyimpanan cloud di server Indonesia. 

Penyimpanan Data Berbasis Cloud

Pengguna aplikasi percakapan Whatsapp kerap mengeluhkan ponselnya menjadi berat karena banyak data yang tersimpan di memori internal maupun microSD. Ini disebabkan, data pada aplikasi Whatsapp tersimpan di ruang penyimpanan pada telepon pintar penggunanya. Berangkat dari keluhan inilah Reza Akhmad Gandara mengembangkan aplikasi pengiriman pesan “ChatAja”.

Aplikasi ini menggunakan ruang penyimpanan data berbasis cloud (cloud based storage). Lewat media penyimpanan cloud, seluruh data percakapan di aplikasi disimpan pada server milik ChatAja. Apabila file/media dari ChatAja terhapus di ponsel, maka server masih memiliki file/media tersebut. 

Metode penyimpanan cloud tidak akan memakan tempat, karena berbasis virtual. Selain lebih aman, pengguna juga bisa mengakses data dari mana saja. Karena itu, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan data pada ChatAja saat pindah ponsel. Data masih tetap ada tanpa harus melakukan rekam cadang (backup).

ChatAja hadir sebagai aplikasi alternatif Whatsapp. Didesain khusus untuk masyarakat Indonesia, ChatAja menawarkan berbagai kelebihan yang dikembangkan dari permasalahan yang ada di Whatsapp.

Selain berbasis cloud, ada tiga keunggulan lain yang bisa diperoleh lewat ChatAja. Pertama, aplikasi ChatAja bisa berfungsi secara multiplatform tanpa harus terkoneksi dari aplikasi utama yang ada pada ponsel pintar. Sinkronisasi aplikasi cukup dengan memasukkan nomor ponsel yang terdaftar di ChatAja. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ChatAja untuk web di laptop meskipun ponsel tidak terkoneksi internet.

Sebagai contoh penggunaannya, saat ingin membuka aplikasi percakapan di perangkat komputer, pengguna tinggal memasukkan nomor ponsel. Setelah itu, server akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS ke nomor tersebut. Pengguna kembali memasukkan kode verifikasi yang sudah diterima.

Sistem ini tentu saja berbeda dengan aplikasi Whatsapp. Pada aplikasi Whatsapp, pengguna diwajibkan memindah kode QR yang ditampilkan di komputer dengan menggunakan aplikasi di ponsel. Mau tidak mau pengguna harus tetap membuka Whatsapp di ponsel agar bisa terkoneksi dengan aplikasi di PC.

Keunggulan kedua yaitu ChatAja tidak memberikan batasan jumlah anggota dalam suatu grup. Layaknya Whatsapp, ChatAja juga memiliki fitur untuk membuat grup percakapan. Hanya saja, jika pada Whatsapp jumlah anggota pada suatu grup dibatasi maksimal 250 pengguna, ChatAja tidak memberikan batasan.

Ngobrol Aman dan Nyaman

Keunggulan lain yang dimiliki ChatAja adalah dibuat dan dikelola 100% di Indonesia. Ada rasa tidak aman saat menggunakan aplikasi pesan singkat. Terlebih, data percakapan tersebut seluruhnya tersimpan di server luar negeri, bukan di Indonesia. Jelas hal ini membuat pengguna khawatir datanya rawan disalahgunakan oleh pihak asing. ChatAja, dalam hal ini, berkomitmen untuk memudahkan pengguna agar dapat berkomunikasi dengan aman dan lancar.

Tren Digital Lifestyle

Kehadiran teknologi memberi perubahan yang besar dalam beberapa aspek kehidupan seperti pendidikan, kesehatan, perdagangan, transportasi dan pemerintahan. Masyarakat semakin tidak dapat lepas dari gadget yang kian canggih. Perkembangan zaman now telah membuat kita tidak lagi harus duduk diam di kantor menyelesaikan pekerjaan. Perubahan ini memaksa kita untuk beradaptasi dengan cepat.

Hasil riset Hootsuite menunjukkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia mencapai 150 juta atau sebesar 56% dari total populasi. Sementara 130 juta pengguna atau sekitar 48% saja yang aktif mengakses media sosial melalui ponselnya. Masyarakat kita menghabiskan rata-rata 3 jam 26 menit setiap hari untuk menggunakan media sosial. Kecanggihan internet yang semakin maju memudahkan seseorang mengakses media sosial, berita dan game.

CEO ChatAja ini menuturkan, pengembangan aplikasi ini akan diarahkan menjadi gaya hidup digital (digital lifestyle) bagi penggunanya, seperti mengatur pertemuan dengan teman, memesan makanan, mendapatkan petunjuk lokasi tujuan, layanan transaksi keuangan berbasis online, hingga menjadi sarana marketplace.

Aplikasi ChatAja dapat diunduh secara gratis pada layanan Google Play Store untuk perangkat Android dan Apple Store untuk perangkat iOS. Tentunya, ChatAja bisa menjadi alternatif penggunaan aplikasi pesan singkat yang lebih ringan dan aman. Selain itu, memakai ChatAja berarti ikut mendukung kemajuan teknologi karya anak bangsa.

Tentang Kami

ChatAja adalah aplikasi chatting yang dapat menjamin komunikasi secara lancar dan aman untuk berkomunikasi melalui Internet.

@Copyright ChatAja 2019

Hubungi Kami

  • Alamat : Graha Merah Putih Lt. 6, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 52, Jakarta Selatan
  • Mail : admin@chataja.co.id
  • Kontak : +62 8138 180 302