facebook
ChatAja-spinner

7 Teknologi Baru Ini Jawab Kebutuhan Gaya Hidup Digital Kita

Revolusi teknologi digital hadir untuk membuat perubahan besar terhadap perkembangan dunia. Lahirnya berbagai macam teknologi digital yang semakin maju serta disempurnakan dengan akses internet mempermudah masyarakat dalam mengakses sebuah informasi dan melakukan aktivitas lainnya.  Teknologi telah menjadi sangat terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari dengan kehidupan kita sehingga mengubah tidak hanya di kehidupan kita, tapi juga cara kita bekerja. Generasi yang lahir setelah tahun 1990-an, mungkin tidak semua pernah merasakan langsung pengalaman berkirim surat lewat pos atau mendengarkan lagu dengan menggunakan cassette player.  Semua yang tadinya serba analog, mulai beranjak jadi gaya hidup digitalyang serba maju dan canggih.

Semenjak masuknya internet di awal tahun 1990-an, kita sudah melihat banyaknya platformbaru yang bermunculan menggantikan cara-cara lama. Di antara sekian banyak temuan baru itu, ada 7 teknologi baru yang paling menonjol dalam gaya hidup digitalkita. Apa saja?

  1. Komputer Menggantikan Mesin Ketik

Mesin ketik sendiri merupakan salah satu cara revolusioner yang berhasil ditemukan manusia untuk menggantikan metode tulis tangan. Setelah adanya mesin ketik, ada revolusi baru yaitu munculnya komputer dimana komputer tidak hanya membuat proses menulis jadi lebih mudah tapi juga memungkinkan kita dapat mengubah tulisan secara langsung sebelum mencetaknya ke kertas. Komputer juga yang memungkinkan filedisimpan dalam bentuk soft file yang lebih ringkas dan mudah dibawa ke mana-mana. 

  1. Belanja OnlineMenggantikan Belanja Offline

Dulu, untuk membeli pakaian hingga buku, kita harus rela menyisihkan waktu dan tenaga untuk menemukan yang sesuai keinginan kita dengan cara memasuki toko per toko. Bagi kamu yang sibuk, belanja offlineseperti ini tentu sangat tidak efisien. Selain itu, kita juga masih harus berusahan untuk menemukan yang terbaik dengan membandingkan kualitas dan harga.

Untuk menjawab kebutuhan gaya hidup digitalyang serba cepat, hadirlah onlineshopdengan segala kemudahannya. Selain bisa memilih variasi produk yang banyak, kamu juga bisa menghemat waktu tanpa harus ke luar rumah. Cukup buka ponsel atau PC, klik barang yang kamu mau dan tunggu sampai kurir mengantarkannya ke depan rumah. Bukan hanya baju dan buku, makanan hingga kebutuhan harian pun bisa kamu dapatkan secara online. Banyaknya diskon dan promo juga membuat belanja online semakin digemari saat ini karena dianggap lebih hemat ketimbang harus datang langsung ke toko.

  1. Pesan Tiket Tanpa Harus Antre

Sebelum munculnya layanan pemesanan tiket online, masa-masa menjelang mudik adalah waktu yang paling mendebarkan. Untuk kamu yang harus pulang kampung, memesan tiket bisa menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari memikirkan antrean sampai keterbatasan kursi. Kalau tidak kebagian, siap-siap saja gigit jari.

Kehadiran aplikasi pemesanan tiket perjalanan mulai dari pesawat, kereta api hingga kapal laut diakui sukses memangkas semua masalah sekaligus mengefisienkan waktu dan tenaga kita. Cukup dengan gawai yang mumpuni dan koneksi internet memadai, kamu bisa berburu tiket apa saja dari rumah. Tidak hanya tiket untuk mudik, tiket menonton konser, tiket pameran hingga tiket bioskop semua tersedia dalam genggaman tangan.

  1. Beralihnya Televisi Analog ke Televisi Digital

Salah satu teknologi yang berkembang sangat pesat di era digital ini adalah penggunaan teknologi baru untuk televisi. Jika dulu kita hanya bisa menonton televisi dengan saluran analog yang memanfaatkan spektrum radio yang terbatas, sekarang semua orang bisa menikmati tontonan serba digital.

Siaran analog memiliki kekurangan dari segi daya tangkapnya yang terbatas. Artinya, ketika lokasi penerimaan jauh dari titik transmisi, maka gambar dan audio yang diterima juga tidak maksimal. Berbeda dengan televisi digital yang menggunakan sistem DVB-T2. Selain lebih stabil dalam penerimaan, kualitas gambar dan audio yang ditangkap oleh pesawat televisi juga lebih jernih dan jelas.

  1. Munculnya Layanan Streaming Video on Demand

Kemunculan beragam teknologi baru mau tidak mau juga mengubah pola konsumsi kita sebagai penikmatnya. Dulu, menonton televisi dianggap sebagai satu-satunya sarana hiburan. Tapi semakin tinggi kesibukanmu, kesempatan untuk menonton televisi juga semakin berkurang. Di sinilah kamu memerlukan media baru yang memungkinkan untuk menonton semua acara yang kamu suka, kapanpun kamu mau tanpa harus bergantung pada jam tayang seperti televisi.

Kebutuhan ini lantas dijawab oleh penyedia layanan Video On Demandatau VOD. Layanan yang tengah populer ini memfasilitasi para pengguna internet untuk memilih dan mengontrol apa saja yang ingin mereka tonton di internet. Seperti layaknya video rental, kamu bisa memilih program mulai dari film, serial televisi hingga reality show

Meski harus mengeluarkan dana ekstra dan membutuhkan internet yang mumpuni, layanan streamingVideo On Demandini sangat digemari di tanah air. Salah satu buktinya adalah dengan semakin banyaknya perusahaan penyedia jasa streamingyang muncul, baik perusahaan lokal maupun luar negeri.

  1. Munculnya Smartphone

Hampir semua lapisan masyarakat bahkan tidak memandang umur kini menjadikan Smartphone sebagai barang penting yang tidak bisa ditinggalkan. Kemudahan dalam mengakses informasi, mencari hiburan, mempermudah pekerjaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat modern dengan kegiatan yang semakin padat.

Puncak paling tinggi dari perubahan gaya hidup digitalini terjadi setelah kemunculan ponsel pintar. Teknologi mobilesatu ini berhasil merangsang banyak sektor untuk go digital. Fungsi dari Smartphone itu sendiri tidak hanya sebatas untuk melakukan komunikasi saja. Namun, kini hampir semua kegiatan mengambil peran Smartphone dalam membantu untuk melakukan nya. Seperti Jam, pemutar musik hingga GPS semua tersedia dalam satu perangkat. Bahkan 5 teknologi yang sudah disebutkan sebelumnya, kini bisa diakses lewat smartphone.

  1. Aplikasi ChattingMenggantikan SMS

Metode bertukar pesan dan kabar sudah mengalami revolusi berkali-kali. Mulai dari surat, telegram, faks, emailhingga SMS. Tapi sekali lagi, teknologi memang selalu punya jawaban untuk memenuhi kebutuhangaya hidup digitalkita.

Tidak hanya pesan teks, kita membutuhkan cara lain untuk bertukar gambar, pesan suara hingga video dengan cepat. Untuk itu, ChatAja hadir dengan beragam inovasi terbaru untuk mempermudah kamu bertukar beragam konten. Aplikasi perpesanan asli buatan anak negeri ini menggunakan teknologi penyimpanan berbasis cloudyang tidak akan membuat memori ponselmu jadi penuh.

Untuk kamu yang butuh grup percakapan, ChatAja menyediakan layanan group messenger. Dalam satu group messengerkamu dapat mendaftarkan maksimal 300 members. Dengan beragam kemudahan yang ditawarkan, ChatAja dijamin bakal mendukung gaya hidup digitalkita jadi semakin maksimal. Mau curhat, keep in touchdengan keluarga, bermain games, sharing seputar spiritual sampai pesan tiket liburan, semua bisa dilakukan via ChatAja. Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Tentang Kami

ChatAja adalah aplikasi chatting yang dapat menjamin komunikasi secara lancar dan aman untuk berkomunikasi melalui Internet.

@Copyright ChatAja 2019

Hubungi Kami

  • Alamat : Graha Merah Putih Lt. 6, Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 52, Jakarta Selatan
  • Mail : admin@chataja.co.id
  • Kontak : +62 8138 180 302