6 Jenis Pekerjaan Freelance untuk Hadapi New Normal

ChatAjaJobs

Pekerjaan freelance bukanlah hal baru bagi generasi milenial di tanah air. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, setidaknya 5,89 juta orang pada rentang usia produktif berprofesi sebagai pekerja lepas (freelancer). Jumlah tersebut setara dengan 4,55% dari total 129,36 juta orang yang memiliki pekerjaan.

Jumlah pekerja lepas diprediksi mengalami peningkatan drastis akibat pandemi COVID-19. Bagi sebagian orang yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), mencari pekerjaan saat pandemic memang sangat sulit sehingga menjadi freelancer adalah pilihan terbaik. Menjalani pekerjaan freelance menjadi salah satu bentuk rutinitas new normal yang mulai dimengerti seluruh kalangan masyarakat.

Apakah saat ini kamu sedang mencari pekerjaan? Jangan putus asa mencari pekerjaan saat pandemic, ya. Enam jenis pekerjaan freelance ini bisa kamu tekuni secara remote sebagai salah satu cara menghadapi kondisi new normal:

1. Freelance Writer

Kalau kamu memiliki passion di bidang menulis, berarti kamu cocok menjadi seorang freelance writer. Perusahaan besar, startup, media online, maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) senantiasa membutuhkan jasa penulis untuk menyampaikan berita, menyajikan informasi, atau mempromosikan bisnis. 

Selain harus memahami kaidah penulisan yang baik dan benar, kamu juga harus senantiasa mengikuti tren paling up to date agar bisa menghasilkan tulisan menarik.

 

2. Freelance Translator

Kamu patut memanfaatkan keahlian berbahasa asing untuk memulai karier sebagai freelance translator. Pada umumnya, penerjemah tersumpah yang telah bersertifikat bisa mendapatkan bayaran mahal untuk setiap pekerjaan freelance yang berhasil diselesaikan. 

Saat ini banyak perusahaan atau individu yang mencari freelance translator untuk menerjemahkan Bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, Arab, dan Perancis. Jangan lupa mengumpulkan portofolio hasil terjemahan dan memperluas relasi kerja agar peluang mendapatkan pekerjaan freelance terbuka lebar.

 

3. Freelance Designer

Bidang pekerjaan desain grafis juga membuka kesempatan besar bagi kamu yang ingin bekerja secara freelance. Pekerjaan saat pandemic yang satu ini cocok untuk orang-orang yang kreatif. Jika kamu belum berpengalaman menjadi freelance designer, mulailah dengan menyelesaikan proyek-proyek sederhana. 

Jangan lupa mengisi waktu senggang dengan cara mempelajari berbagai software dan tren desain terbaru. Seiring berjalannya waktu, pasti pengalaman dan portofolio kamu semakin bertambah sehingga kamu berpeluang mendapatkan pekerjaan freelance yang lebih bergengsi.

 

4. Freelance Digital Marketer

Pekerjaan freelance digital marketer sangat cocok bagi kamu yang punya passion di bidang marketing. Namun, passion tersebut juga harus dibarengi dengan kemampuan penguasaan teknologi yang baik. 

Kamu harus mampu menyajikan konten yang menggugah perhatian para pengguna internet sehingga kamu sukses menyampaikan personal branding yang ingin ditampilkan oleh suatu bisnis. 

Di samping itu, kamu juga harus terampil menggunakan perangkat analitis di internet untuk mengukur efektivitas konten-konten digital yang kamu sajikan.

 

5. Freelance Programmer

Orang-orang yang memiliki mahir di bidang programming pasti bisa survive menghadapi kondisi new normal dengan memanfaatkan kemampuan tersebut. Perusahaan besar dan startup sangat membutuhkan freelance programmer untuk membuat sistem atau aplikasi yang berorientasi pada kepentingan pelanggan. 

Itulah sebabnya lowongan pekerjaan freelance ini terbilang melimpah dan disertai dengan tawaran gaji besar. Kamu harus telaten mengasah kemampuan programming yang kamu miliki agar dapat bersaing dengan para pencari kerja di bidang yang sama.

 

6. Freelance Web Designer

Era Internet of Things (IoT) membuat kebutuhan akan website yang berkualitas semakin meningkat. Semua bidang bisnis membutuhkan website untuk memasarkan produk, berinteraksi dengan klien atau pelanggan, serta menyajikan berbagai informasi menarik. Kebutuhan tersebut menjadi kesempatan baru bagi para freelance web designer. 

Tak hanya harus menguasai perangkat desain grafis, seorang freelance web designer juga harus menguasai seluk-beluk internet seperti HTML, JavaScript, dan CSS. Sehingga website yang dihasilkan tidak cuma tampak menarik, tetapi juga bisa memberikan user experience sesuai ekspektasi pengguna internet.

 

Di antara keenam pekerjaan freelance tersebut, manakah yang paling sesuai dengan passion dan kemampuanmu?

Jangan malas mengasah kemampuan kerja dengan mempelajari hal-hal baru agar kamu bisa menjadi freelancer sukses. Sekarang kamu bisa mengunduh aplikasi ChatAja untuk mencari lowongan pekerjaan. Caranya gampang banget, unduh dulu aplikasi ChatAja di PlayStore atau AppStore kemudian pilih menu Jelajah, dan temukan ChatAja Jobs

ChatAja Jobs menyediakan berbagai lowongan pekerjaan yang bisa membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan baru. Mencari pekerjaan jadi semakin praktis dan menyenangkan jika kamu menggunakan aplikasi ChatAja! Apabila ChatAja belum ada di smartphone kamu, kamu bisa klik button download di bawah.

 

Download for Android Download for iOS