ChatAja-spinner

Resolusi 2020: Mendefinisikan Kembali Arti Sukses Bagi Diri Kita Sendiri

Membuat resolusi di tahun baru sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan setiap tahunnya. Tidak terkecuali di tahun baru 2020 ini juga dijadikan kesempatan untuk orang-orang membuat resolusi yang mereka ingin akan capai. Beberapa orang juga menjadikan awal taun baru ini sebagai refleksi dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk bisa melihat ke depannya hal-hal apa yang mereka akan perbaiki. Apakah di tahun baru ini juga kita bisa melakukan hal yang berbeda dari hal yang lebih mendasar dari mungkin sekedar resolusi menurunkan berat badan atau mengurangi kebiasaan memakan makanan yang manis. Akan tetapi kenapa kita mencoba untuk di tahun baru ini dengan mendefinisikan ulang apa itu arti sukses menurut diri kita sendiri. Apa yang harus kita lakukan?

Mulailah bertanya pada diri sendiri apa yang menjadi arti sukses dari kita? Kenapa kita harus memiliki definisi sukses untuk kita sendiri? Jawabannya adalah karena setiap orang memiliki kondisi dan keunikan tersendiri dalam hidupnya. Terlepas dari apa yang lingkungan sosial mereka berikan. Sering kali kita tidak tahu apa yang ingin kita lakukan dan apa yang menjadi deskripsi sukses untuk diri kita sendiri. Sehingga banyak dari kita semenjak kecil hingga dewasa selalu mendefinisikan keberhasilan kita berdasarkan arahan orang tua kita atau mendefinisikan kesuksesan berdasarkan dari tuntutan sosial. Sebenarnya hal itu tidaklah sepenuhnya salah karena siapa pun bisa terinspirasi dengan definisi keberhasilan dari lingkungannya atau dari orang yang selalu dikaguminya.

Namun kenapa mendefinisikan sukses dengan definisi sukses kita sendiri itu menjadi hal yang penting? Seperti dalam quotes ini

“Don’t buy society’s definition of success because it’s not working for everyone”

-Arianna Huffington-

Karena banyak dari kita yang merasa terbebani dan tertekan untuk mencapai standar yang selalu diberikan oleh lingkungan sosial kita dan mungkin walaupun banyak dari kita bisa juga mencapai definisi sukses tersebut bahkan akhirnya merasa “kosong”  lalu mulai bertanya tanya untuk meredefinisikan apa yang menjadi standar sukses mereka sendiri.

Ada beberapa definisi yang biasa dijadikan standar kesuksesan seseorang dan lima di antaranya adalah:

WEALTH ACCUMULATION

Banyak sekali orang yang terinspirasi dengan orang-orang terkaya di dunia seperti Bill Gates, Mark Zukerberg, Elon Musk, atau Jack Ma. Jika hal akumulasi kekayaan adalah definisi suksesmu yang baru sudah menjadi hal yang lumrah untuk sebagian banyak orang untuk mengukur kesuksesan dengan jumlah akumulasi kekayaan yang mereka miliki. Seperti jumlah tabungan, properti, saham atau bahkan juga seperti kepemilikan barang-barang mewah. Tentu saja tidak ada yang salah dengan hal ini. Karena dengan memiliki jumlah sumber kekayaan yang relatif banyak akan memudahkan kita dalam mengambil keputusan sehari-hari atau juga dengan akumulasi kekayaan yang  kita dapatkan dapat membuat kita bisa banyak menolong orang walaupun untuk menolong banyak orang banyak cara yang bisa dilakukan. Tetapi kenapa tidak? Menjadi seseorang dengan akumulasi kekayaan yang banyak menjadi definisi sukses kita selanjutnya.

CEO/LEADER

Menjadi pemimpin sebuah perusahaan atau menjadi sebuah pemimpin negara juga bisa dijadikan sebagai definisi sukses kita yang baru. Karena mungkin dengan menjadi seorang pemimpin kita bisa menjadi orang yang menentukan arah  kebijakan suatu organisasi di mana tempat kita berada. Ada juga beberapa dari kita yang ingin menjadi pemimpin karena sebagai ajang aktualisasi diri mereka sendiri. Walaupun dengan menjadi pemimpin akan mendapatkan banyak privilege yang akan didapatkan sering kali menjadi pemimpin akan dibebani tanggung jawab yang juga tidak sedikit. Karena akan ada banyak orang yang menggantungkan nasibnya dari kebijakan-kebijakan kita sebagai pemimpin. Apa pun tingkatannya baik menjadi pemimpin di lingkungan rumah kita, atau menjadi pemimpin di sebuah perusahaan besar atau juga bahkan menjadi pemimpin suatu negara bisa menjadi pilihan definisi sukses kita di tahun baru ini.

DIGITAL RECOGNITION

Di era revolusi industri 4.0, kemajuan teknologi menjadi sorotan di mana-mana. Mulai dari teknologi 5G, IoT, atau juga Artificial Intelegence. Begitu juga dengan media sosial, banyak generasi muda milenial menjadikan digital recognition menjadi sebuah target sukses mereka seperti jumlah followers atau subscribers, ataupun jumlah likes yang akan selalu mereka pantau setiap harinya. Bahkan anak-anak sekolah dasar pun memilih untuk menjadi seorang youtuber sebagai cita-cita di masa depannya. Karena di era sekarang profesi youtuber, selebgram atau yang sering kita sebut menjadi influencer juga bisa mendapatkan banyak keuntungan. Baik dari segi materi maupun dari segi kepopuleran. Jadi kenapa tidak menjadi seorang influencer adalah definisi sukses kita di tahun baru ini.

REMEMBERED

Beberapa orang memiliki definisi sukses yang berbeda dari seperti biasanya banyak dari mereka menginginkan untuk menjadi sukses dengan menjadi orang yang dikenang karena jasa-jasanya. Seperti orang ingin menjadi pejuang kesetaraan gender beberapa juga ingin menjadi pejuang lingkungan hidup atau yang paling terkenal di Indonesia yaitu ingin menjadi pejuang HAM seperti Munir. Mereka bukan sukses karena harta atau jabatannya tetapi mereka sukses atas jasa-jasa yang mereka sudah berikan untuk banyak orang dan tidak sedikit yang terinspirasi mengikuti jejak mereka.

EXPERTISE

Banyak dari beberapa orang yang juga ingin sukses menjadi expert di bidangnya seperti Sri Mulyani yang memiliki keahlian di bidang keuangan sampai sampai bukan hanya negara Indonesia yang mengakui keahlian dan prestasinya dalam mengelola di bidang keuangan. Bahkan world bank dan IMF pun menjadikan Sri Mulyani sebagai direktur mereka atau juga seperti Einstein yang dikenal dengan teori relativitasnya yang sudah mendunia dan menjadikan dirinya seorang yang ahli di bidang fisika. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keahlian yang sangat tinggi di bidangnya dan ada banyak juga dari kita yang ingin bisa seperti mereka. Menguasai suatu bidang ilmu atau keahlian tertentu bisa menjadi definisi sukses kita di tahun baru ini.

PENSION CONDITION

Ada beberapa definisi lain seperti beberapa orang ingin menjadikan kondisi pensiun sebagai standar kesuksesan mereka. Sebagai contoh, beberapa orang ingin pensiun dengan memiliki beberapa aset atau bahkan ingin pensiun di kota tertentu atau juga ingin pensiun dengan melakukan bisnis tertentu. Tidak sedikit juga orang-orang pensiun yang menginginkan karier yang sebenarnya berbeda dari yang mereka lakukan sebelumnya sehingga hal ini sering disebut juga karier kedua. Atau banyak juga dari mereka yang menginginkan sukses itu ketika mereka ingin berkumpul dengan anak-anaknya di masa tua.

Terlepas dari pengertian sukses yang ada di atas, kita bisa explore sukses sesuai dengan interpretasi dirimu. Seperti bahwa sukses adalah ketika bangkit dari kegagalan atau keterpurukan, sukses itu ketika kita bisa membahagiakan orang tua kita atau sukses itu membantu banyak orang di sekitar kita. Definisikan sukses sesuai dengan apa kata hati dan pikiran kita sendiri. Jika kamu masih belum menemukan definisi sukses mu, bisa konsultasi langsung tentang masalah karir kamu melalui VektorPolis. VektorPolis sekarang hadir di ChatAja untuk menjawab semua kegelisahan seputar dunia kerja. Hubungi Official Account VektorPolis sekarang!

 

Tentang Kami

ChatAja adalah aplikasi chatting yang dapat menjamin komunikasi secara lancar dan aman untuk berkomunikasi melalui Internet.

@Copyright ChatAja 2019

Hubungi Kami

  • Alamat : Telkom STO Kebayoran,
    Jl. Sisingamangaraja No.4, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru,
    Kota Jakarta Selatan,
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    12110
  • Mail : admin@chataja.co.id
  • Kontak : +62 8138 180 302