Impact Hackathon 2020

Poster Impact Hackathon 2020

 

Tentang Impact


Impact adalah singkatan dari Improving Productivity with AI Communications, merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Vutura.io dan didukung oleh Tribe Communication Telkom Indonesia. Acara ini bertujuan untuk membentuk komunitas yang berfokus pada edukasi bidang artificial intelligence di Indonesia melalui chatbot sebagai penggerak utama dalam ekosistem platform komunikasi tingkat lanjut. Pada tahun ini, Vutura.io berkolaborasi bersama ChatAja dalam menyelenggarakan Impact dengan bentuk acara Online Hackathon dengan didukung olehUMeetMe,OCA Telkom danDILo.
 
 

Topik Impact


"Game to The Rescue!"
Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung, mengobrol dengan teman yang jaraknya cukup jauh via chatting dan bermain game adalah penyelamat di saat bosan melanda kala di rumah saja. Tanpa perlu tahu bahasa pemrograman, semua orang bisa membuat sendiri game yang mudah dan sederhana, contohnya text-based game.
  
 

Peserta


- Peserta yang dapat mengikuti acara Impact Hackathon adalah:
     • Siswa SMA/SMK
     • Mahasiswa
     • Pekerja/Professional
- Individu atau tim (satu tim maksimal 3 orang). Satu orang HANYA boleh menjadi bagian dalam 1 tim saja.
  
 

Objektif Kompetisi


- Membuat text-based game dengan Vutura.
- Game yang dibuat bisa dalam bentuk Text Adventure, Visual Novel, atau kombinasi keduanya.
- Game yang dibuat bisa dalam semua genre.
- Game harus dibuat dalam masa periode kompetisi: Rabu, 16 Desember 2020 pukul 09.00 WIB hingga Jumat, 23 Desember 2020 pukul 23.59 WIB.
 
 

Hadiah


Acara Impact Hackathon menyediakan total hadiah sebesar 45 juta rupiah kepada para pemenang.
 
Hadiah
 
 

Pendaftaran


 Pendaftaran akan dibuka pada hari Senin, 16 November 2020 pada pukul 09.00 WIB sampai hari Jumat, 11 Desember 2020 pada pukul 23.59 WIB. Para calon peserta harus mengisi form pendaftaran (wajib menyertakan nomor handphone aktif yang terdaftar di ChatAja) melalui portal DILo pada jangka waktu yang telah ditentukan agar dapat berpartisipasi pada acara Impact Hackathon. Silahkan klik link di bawah ini untuk mendaftar.
Daftar
  
 

Peraturan


- Setiap Tim harus menyerahkan game yang sudah DIINTEGRASIKAN pada aplikasi ChatAja tidak lebih dari Jumat, 23 December 2020 Pukul 23.59 WIB.
- Setiap Tim harus menyerahkan Executive Summary dalam bentuk presentasi sebanyak 10 slide dalam format .pdf yang berisikan:
     • Nama tim beserta anggota
     • Email dan nomor telefon yang digunakan untuk mendaftar
     • Sinopsis Game yang dibuat
     • Target audiens Game yang dibuat
     • Flow/Alur chatbot dari Game yang dibuat
     • Aset-aset lainnya seperti API yang digunakan dalam pembuatan Game
- Setiap Tim harus MENGUNGGAH 1 buat video demo dan penjelasan dari game yang dibuat melalui portal DILo.
- Hanya 5 Top Tim dengan nilai yang paling memuaskan yang akan dijuri oleh Tim Juri Final.
  
 

Timeline


Timeline
  
 

FAQ


 

Acara ini memiliki tujuan untuk membentuk komunitas yang berfokus pada edukasi bidang artificial intelligence, dimana para peserta ditantang untuk dapat membuat game sederhana selama pandemi.

Peserta tidak dikenakan biaya apapun (GRATIS).

Tidak perlu, panitia akan memberikan materi coaching dasar pembuatan bot untuk seluruh peserta. Kami ingin membuat AI dapat mudah dimengerti dan diakses oleh semua orang.

Panitia akan menghubungi Anda secara pribadi melalui ChatAja untuk konfirmasi. Pastikan Anda menyertakan nomor handphone aktif yang terdaftar di ChatAja pada form pendaftaran. Silahkan download aplikasi ChatAja disini.

Ya. Tim Anda dapat berdiskusi mengenai ide dan perencanaan sebelum kompetisi dimulai, akan tetapi pembuatan produk hanya boleh dilakukan di periode waktu yang sudah ditentukan. Silahkan menggunakan UMeetMe untuk melakukan meeting online secara gratis melalui website dengan cara sebagai berikut:
1. Login (Jika belum punya username silahkan melakukan registrasi)
2. Klik menu box "MyMeeting"
3. Klik icon "Create Meeting"
4. Pilih icon kategori meeting: "Lite", "VIP" atau "Edu"
5. Tulis nama room di box "Room Name"
6. Klik icon "Create"
7. Copy URL nama room dan bagikan ke para peserta meeting
Selain dapat diakses melalui website, aplikasi UMeetMe juga tersedia untuk Android dan iOS.

Ya. Para peserta diperbolehkan menggunakan segala tools dan resource gratis lainnya seperti gambar, efek suara, open-source API dan platform lainnya.

Member bisa menggunakan fasilitas DiLo yang meliputi co-working space gratis di seluruh DILo yang tersebar di Indonesia, mengikuti rangkaian event DILo, mendapatkan banyak koneksi atau jaringan yang bisa diajak untuk bekerja sama dan masih banyak lainnya.

Anda bisa menghubungi langsung via email ke hello@vutura.io

 
Acara IMPACT menyediakan wadah bagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan idenya dalam membuat produk pada bidang Artificial Intelligence. Ayo, daftarkan dirimu sekarang juga dan jadilah agen perubahan!
Silahkan klik link di bawah ini untuk melakukan pendaftaran
Daftar