Lima Ciri-Ciri Unik Individu dengan Kepribadian Ekstrovert, Apakah Kamu Termasuk?

 Lima Ciri-Ciri Unik Individu dengan Kepribadian Ekstrovert, Apakah Kamu Termasuk?
Kepribadian setiap individu mempengaruhi bagaimana cara ia berperilaku sehari-hari. Kepribadian didefinisikan sebagai bentuk keseluruhan pola pikiran, perasaan dan perilaku yang sering digunakan untuk beradaptasi secara terus menerus dalam kehidupan (Azizah, 2016). Tokoh kepribadian, Carl Jung, membedakan kepribadian seseorang menjadi dua tipe, yaitu kepribadian introvert dan kepribadian ekstrovert. Kedua tipe kepribadian ini sangat bertolak belakang. Salah satu hal yang bisa menunjukkan perbedaan antara dua tipe kepribadian ini adalah adalah faktor-faktor yang mempengaruhi individu dalam menghadapi suatu peristiwa. Faktor-faktor subjektif atau faktor-faktor internal akan lebih mempengaruhi individu yang berkepribadian introvert dalam mengambil keputusan, sedangkan faktor-faktor objektif atau faktor-faktor eksternal akan lebih mempengaruhi individu yang berkepribadian ekstrovert dalam mengambil keputusan. Pada tulisan ini, kita akan lebih berfokus untuk membahas individu dengan kepribadian ekstrovert.

Individu yang memiliki kepribadian ekstrovert akan menghabiskan banyak aktivitas di luar dan memiliki sedikit sekali waktu untuk memikirkan yang terlalu rumit baginya. Selain itu, mereka lebih nyaman berada di dalam situasi yang ramai, dimana terdapat banyak orang di dalamnya dibandingkan di dalam situasi yang sunyi. Alasan mengapa mereka lebih nyaman berada di dalam tempat yang ramai adalah karena mereka sangat senang bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sebaliknya, jika mereka berada di dalam tempat yang sunyi, maka mereka akan merasa bosan. 

Selain poin-poin di atas, individu dengan kepribadian ekstrovert memiliki ciri-ciri khusus yang mudah kalian lihat dan sadari, yaitu:

1. Berbicara dan Bertindak Secara Spontan

Spontan
Sumber : get.pxhere.com

Individu dengan kepribadian ekstrovert memiliki kecenderungan untuk berbicara dan bertindak secara spontan. Hal tersebut menimbulkan kesan bahwa mereka adalah seseorang yang blak-blakan, yaitu seseorang yang akan menyampaikan langsung apapun yang mereka pikirkan tanpa dipikirkan secara panjang terlebih dahulu. Salah satu alasan yang menyebabkan mereka untuk cenderung berbicara dan bertindak secara spontan adalah mereka tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan sesuatu secara detail.

2. Pandai Mencairkan Suasana

Spontan
Sumber : lifestyle.okezone.com

Ketika berada di lingkungan baru, individu dengan kepribadian ekstrovert akan berusaha untuk menyesuaikan diri dan mencairkan suasana agar ia bisa “diterima” dalam lingkungan tersebut. Mereka juga tidak akan merasa keberatan untuk memulai suatu percakapan atau interaksi agar suasana tidak terlalu tegang. Berdasarkan hal tersebut, individu dengan kepribadian ekstrovert sering dijuluki sebagai “good ice breaker”.

3. Mudah untuk Bergaul

Mudah Bergaul
Sumber : idiva.com

Salah satu keahlian individu dengan kepribadian ekstrovert adalah bergaul. Bagi mereka, mendapatkan teman-teman baru baik di dalam dunia nyata maupun dunia maya adalah hal yang mudah. Selain itu, mereka tidak pemilih dan bersikap lebih terbuka dengan siapapun, termasuk dengan orang yang mungkin baru saja dikenalnya. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi kekurangan bagi mereka, yaitu kurang selektif dalam mencari teman.
 

4. Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi

Percaya Diri
Sumber : business.tutsplus.com

Setiap orang pasti memiliki tingkat kepercayaan diri yang berbeda-beda. Ada seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, ada juga yang memiliki tingkat kepercayaan yang cukup rendah. Akan tetapi, individu dengan kepribadian introvert dikenal sebagai seseorang yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini biasanya mereka tunjukkan ketika mereka tampil di depan publik, berbicara dengan orang baru, dan lainnya. 

5. Senang Bekerja dalam Kelompok

Kerja Kelompok
Sumber : campuspedia.id

Individu dengan kepribadian ekstrovert merasa senang dan nyaman ketika bekerja dalam kelompok. Dengan bekerja dalam kelompok, mereka merasa mendapatkan energi tambahan sehingga mereka lebih semangat dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Sebaliknya, rasa semangat yang ada di dalam diri individu kepribadian ekstrovert akan berkurang ketika mereka harus bekerja secara mandiri.

Jadi, itu lah lima ciri-ciri individu dengan tipe kepribadian ekstrovert. Setelah melihat poin-poin di atas, apakah kamu termasuk ekstrovert? Bagi kamu yang merasa ekstrovert, tentu saja harus ada sesuatu yang dapat memfasilitasi kamu untuk terus berhubungan dengan dunia luar, baik itu untuk berbagi cerita, mengerjakan tugas bersama-sama, dan lainnya. Chat Aja merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang dapat memfasilitasi kalian yang berkepribadian ekstrovert untuk tetap terhubung dengan dunia luar selama pandemi. Di Chat Aja, terdapat fitur-fitur menarik yang dapat kalian gunakan untuk berkomunikasi, yaitu fitur voice dan video call yang jernih, stiker-stiker lucu yang gratis, dan masih banyak lainnya. Menarik bukan? Download aplikasi Chat Aja dan daftarkan dirimu sekarang juga!

 
Download for Android Download for iOS