Cara Memperpendek Link Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan file online dan berbagi file dengan orang lain. Namun, seringkali link Google Drive yang dihasilkan terlalu panjang dan sulit diingat. Untungnya, ada cara untuk memperpendek link Google Drive agar lebih mudah disebarkan dan diakses oleh orang lain.

1. Menggunakan Layanan URL Shortener

Jika Anda ingin memperpendek link Google Drive secara cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan layanan URL shortener seperti Bitly, TinyURL, atau goo.gl. Cara ini cukup sederhana, Anda hanya perlu menyalin link Google Drive yang ingin dipendekkan, lalu tempelkan ke dalam kotak yang disediakan oleh layanan URL shortener, dan klik tombol pendekkan link.

2. Menggunakan Fitur “create a link” di Google Drive

Google Drive memiliki fitur “create a link” yang memungkinkan Anda untuk membuat link berbagi yang lebih pendek. Caranya cukup mudah, cukup klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda bagikan, pilih opsi “get shareable link”, lalu klik “copy link”. Dengan cara ini, Google Drive akan membuatkan link berbagi yang lebih singkat sehingga lebih mudah untuk disebarluaskan.

3. Menggunakan TinyURL Generator

Jika Anda ingin lebih terkontrol atas link yang dihasilkan, Anda dapat menggunakan TinyURL generator. Dengan menggunakan TinyURL generator, Anda dapat menyesuaikan link pendek yang dihasilkan sesuai keinginan Anda. Cara kerjanya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyalin link Google Drive yang ingin dipendekkan, lalu masukkan link tersebut ke dalam kolom yang disediakan oleh TinyURL generator, dan klik tombol generate.

4. Menggunakan Bitly

Bitly merupakan salah satu layanan URL shortener yang populer. Anda dapat menggunakan Bitly untuk memperpendek link Google Drive dengan mudah. Caranya, cukup buat akun Bitly terlebih dahulu, lalu salin link Google Drive yang ingin dipendekkan, kemudian tempelkan link tersebut ke dalam kotak yang disediakan oleh Bitly, dan klik tombol shorten.

5. Menggunakan Custom Domain

Jika Anda memiliki website atau blog, Anda juga dapat memperpendek link Google Drive dengan menggunakan custom domain. Caranya, Anda bisa membuat redirect link dari custom domain Anda ke link Google Drive yang panjang. Dengan menggunakan custom domain, Anda dapat membuat link yang lebih mudah diingat dan lebih terlihat profesional.

Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda dapat memperpendek link Google Drive dengan mudah dan cepat. Selain itu, link yang lebih pendek juga akan lebih mudah diingat dan lebih menarik untuk disebarkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara memperpendek link Google Drive. Terima kasih!

Redaksi ChatAja

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button