Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Touchscreen menjadi salah satu komponen utama pada perangkat teknologi saat ini, seperti smartphone, tablet, dan laptop. Namun, tidak jarang pengguna mengalami masalah di mana touchscreen tidak berfungsi sebagian. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kerusakan hardware hingga kesalahan software. Berikut ini adalah cara mengatasi touchscreen tidak berfungsi sebagian:

1. Membersihkan Layar dan Area Sekitar

Membersihkan layar dan area sekitar adalah langkah pertama yang perlu dilakukan ketika touchscreen mengalami masalah. Debu, kotoran, atau minyak dari jari dapat membuat touchscreen tidak responsif. Gunakan kain microfiber yang lembut dan sedikit cairan pembersih layar untuk membersihkan layar dan area sekitarnya dengan lembut. Pastikan perangkat dalam keadaan mati saat membersihkannya.

2. Restart Perangkat

Restart perangkat dapat membantu mengatasi masalah software sementara yang menyebabkan touchscreen tidak berfungsi sebagian. Matikan perangkat dan hidupkan kembali setelah beberapa saat. Proses restart ini membantu memperbarui sistem dan aplikasi yang berjalan di perangkat.

3. Kalibrasi Layar

Kalibrasi layar adalah proses untuk menyesuaikan sensitivitas layar dengan sentuhan jari pengguna. Pengaturan sensitivitas yang tidak tepat dapat membuat beberapa bagian layar tidak responsif. Cari opsi kalibrasi layar di pengaturan perangkat dan ikuti instruksi yang diberikan untuk mengatur ulang sensitivitas layar.

4. Perbarui Sistem Operasi

Perbarui sistem operasi perangkat Anda secara berkala. Pembaruan sistem operasi tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga memperbaiki bug dan masalah keamanan yang mungkin memengaruhi kinerja touchscreen. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet untuk melakukan pembaruan.

5. Cek Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin menyebabkan masalah pada touchscreen perangkat Anda. Coba nonaktifkan aplikasi satu per satu dan periksa apakah masalah touchscreen masih terjadi. Jika touchscreen kembali normal setelah menonaktifkan aplikasi tertentu, pertimbangkan untuk menghapus atau memperbarui aplikasi tersebut.

6. Periksa Koneksi Hardware

Periksa koneksi hardware perangkat Anda, terutama jika Anda menggunakan perangkat eksternal seperti keyboard atau mouse. Koneksi yang longgar atau kotor dapat menyebabkan gangguan pada kinerja touchscreen. Pastikan semua koneksi terpasang dengan baik dan bersih dari debu atau kotoran.

7. Uji Layar dengan Aplikasi Tes Layar

Untuk memastikan apakah touchscreen perangkat Anda berfungsi dengan baik, gunakan aplikasi tes layar yang tersedia di toko aplikasi. Aplikasi ini akan membantu Anda mengidentifikasi area layar yang tidak responsif atau memiliki masalah lainnya. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui seberapa parah masalah touchscreen Anda.

8. Hidupkan Kembali Pabrik

Jika semua cara di atas tidak berhasil, pertimbangkan untuk mengatur ulang pabrik perangkat Anda. Namun, ingatlah bahwa langkah ini akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di perangkat Anda. Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan pengaturan ulang pabrik.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda diharapkan dapat mengatasi touchscreen yang tidak berfungsi sebagian pada perangkat Anda. Jika masalah masih persisten setelah mencoba semua cara di atas, segera konsultasikan dengan teknisi atau layanan pelanggan resmi dari produsen perangkat Anda.

Selalu perhatikan perawatan dan pemakaian perangkat touchscreen Anda agar bisa menjaga performa dan keawetan layar sentuh perangkat tersebut. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari masalah touchscreen yang tidak berfungsi sebagian di masa depan.

Redaksi ChatAja

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button