ChatAja-spinner

FAQ ChatAja

A.    Chatting, Video and Voice Call

  • Bagaimana cara menggunakan fitur video call? 

Video call adalah salah satu fitur ChatAja yang memperbolehkan kamu untuk berkomunikasi melalui internet secara langsung via video. Berikut adalah tahapan dalam menggunakan fitur Video Call dalam ChatAja : 

  1. Pilih kontak yang ingin Anda hubungi menggunakan fitur video call
  2. Klik ikon gambar “Video” untuk melakukan video call
  • Bagaimana cara menggunakan fitur voice call?

Voice call adalah salah satu fitur ChatAja yang memperbolehkan kamu untuk berkomunikasi secara audio melalui internet dengan pengguna lainnya. Berikut adalah tahapan dalam menggunakan fitur Video Call dalam ChatAja : 

  1. Pilih kontak yang ingin Anda hubungi menggunakan fitur video cal
  2. Klik ikon gambar “Call” untuk melakukan voice call
  • Bagaimana cara mematikan penerimaan notifikasi?

Notifikasi dari pesan, video call dan voice call secara otomatis Anda terima untuk memudahkan komunikasi melalui ChatAja. Apabila Anda tidak ingin menerima notifikasi sama sekali, maka Anda dapat mematikannya dengan tahapan sebagai berikut : 

  1. Klik tombol “More” pada laman utama aplikasi ChatAja
  2. Kik tombol “Pengaturan”
  3. Klik tombol pada bagian Notifikasi

Usai meng-klik tombol tersebut, Anda tidak akan menerima notifikasi penerimaan chat, video call atau voice call. Apabila Anda ingin menerima notifikasi lagi, langkah yang sama dapat dilakukan. 

  • Bagaimana menghapus chat history?

Chat history hanya dapat diakses antara Anda dan pengguna yang bersangkutan. Apabila Anda ingin menghapus data historis percakapan, gambar serta berbagai dokumen yang pernah dikirim, maka data tersebut tidak dapat dikembalikan lagi karena ChatAja tidak mem-backup nya. Berikut adalah tahapan untuk menghapus chat history : 

  1. Pilih kontak atau obrolan yang ingin dihapus datanya
  2. Klik menu “More” pada pojok kanan atas di laman obrolan
  3. Pilih menu “Clear Chat”

B. Official Accounts

  • Apa itu OA?

Official Accounts (OA) adalah akun resmi dari sebuah perusahaan, organisasi atau instansi dari berbagai jenis industri. Dengan hadirnya OA dalam ChatAja, pengguna dapat mengakses berbagai informasi seperti berita, musik, film maupun konten hiburan lainnya yang dapat digunakan untuk mengisi waktu luang.

  • Ada dimana sih OA?

Berbagai Official Accounts (OA) dapat Anda akses untuk memperkaya pengalaman penggunaan aplikasi ChatAja.  Berikut adalah tahapan untuk menambah akun OA

  1. Klik menu “Jelajah” pada bagian kanan atas
  2. Terdapat tampilan semua OA dalam urutan abjad
  3. Tentukan OA yang ingin Anda gunakan
  4. Terdapat tampilan deskripsi singkat dari layanan OA yang dapat Anda baca
  5. Klik tombol “Start Chat” untuk mulai menggunakan layanan OA tersebut

C.     Teman dan Group

  • Bagaimana cara menambah kontak baru?

Dalam aplikasi ChatAja, Anda dapat menambah kontak baru dalam bentuk nomor telepom genggam atau nomer HP. Berikut adalah langkah penambahan kontak baru dalam aplikasi : 

  1. Klik tombol “More” pada pojok kanan atas di halaman utama aplikasi
  2. Klik tombol pilihan “Tambah Kontak"
  3. Tulis nama dari kontak baru 
  4. Masukkan nomer telepon genggam yang ingin dijadikan kontak baru
  5. Klik tombol “Simpan”
  • Apa itu fitur Sync Contact dan bagaimana cara menggunakannya?

Sync Contact adalah fitur yang memperbolehkan Anda untuk memperbaharui kontak dalam aplikasi ChatAja. Dengan menggunakan fitur ini, secara otomatis semua kontak dalam smartphone Anda telah di-sinkronisasi dengan kontak dalam ChatAja. Berikut tahapan dalam fitur Sync Contact

  1. Klik menu “Jelajah” 
  2. Klik menu “Perbaharui Kontak”
  3. Tunggu hingga proses sync contact usai
  4. Kontak baru telah berhasil ditambahkan
  • Bagaimana cara membuat Group Chat?

Dengan adanya fitur Group Chat, Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan beberapa teman, kolega atau keluarga secara bersamaan. Saat ini, Group Chat dalam ChatAja hanya dapat menampung hingga 100 user. Berikut adalah tahapan dalam membuat Group Chat baru : 

  1. Klik ikon “New Chat”
  2. Klik ikon “Group Baru”
  3. Pilih partisipan atau anggota dari Group tersebut
  4. Klik tombol “Create”
  5. Tuliskan nama Group
  6. Pilih foto profil dari Group Chat
  7. Klik tombol “Save”
  • Bagaimana cara menambahkan atau menghapus member dalam Group Chat?

Dalam Group Chat, Anda harus menjadi admin untuk dapat menambah atau mengurangi member dalam Group. Akan tetapi, Anda sendiri dapat meninggalkan Group Chat dengan menekan tombol “Leave Group” pada bagian bawah dari menu Info Group.

  • Bagaimana cara mengganti profil Group Chat?

Informasi dari Group Chat dapat dirubah hanya oleh Admin dari Group tersebut, dengan tahapan

  1. Klik Group Chat yang ingin Anda ubah infonya
  2. Klik menu “More” pada bagian kanan atas
  3. Klik tombol “Group Info”
  4. Ketik Group nama atau pilih profil gambar yang baru
  5. Klik tombol “Simpan”
  6. Group info telah diganti sesuai preferensi

D.    Fitur 

Dalam aplikasi ChatAja, terdapat beberapa fitur yang dapat membantu Anda dalam berkomunikais dengan pengguna lainnya. Fitur-fitur yang terdapat dalam laman obrolan adalah pengiriman gambar, dokumen, voice note, lokasi dan pengiriman kontak. Berikut adalah tahapan dalam mengakses fitur-fitur tersebut.

  1. Pilih laman obrolan/chat dari pengguna lain/group yang diinginkan
  2. Klik menu “Attach” pada bagian kiri bawah
  3. Terdapat tampilan berbagai fitur yang dapat diakses
  4. Pilih fitur yang diinginkan

F.     Umum

  • Bagaimana cara log in di device lain?

Untuk log-in akun ChatAja di semua device (laptop atau smartphone), Anda hanya dapat menggunakan nomor HP. 

  1. Ketik nomor handphone Anda untuk mendapatkan kode OTP
  2. Akses pesan Anda dalam smartphome untuk melihat kode OTP
  3. Ketik OTP pada device baru untuk log in
  4. Anda berhasil log in
  • Bagaimana cara log out?

  1. Klik menu “More”
  2. Klik menu “Pengaturan”
  3. Klik menu “Log Out” atau "Keluar" pada bagian paling bawah
  • Bagaimana cara memperbaharui profil?

  1. Klik menu “More”
  2. Klik menu “Pengaturan”
  3. Klik menu “Profil” pada bagian paling atas

Tentang Kami

ChatAja adalah aplikasi chatting yang dapat menjamin komunikasi secara lancar dan aman untuk berkomunikasi melalui Internet.

@Copyright ChatAja 2019

Hubungi Kami

  • Alamat : Telkom STO Kebayoran,
    Jl. Sisingamangaraja No.4, RT.2/RW.1, Selong, Kec. Kby. Baru,
    Kota Jakarta Selatan,
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta
    12110
  • Mail : admin@chataja.co.id
  • Kontak : +62 8138 180 302