Tips

Sound of Text WA Bahasa Indonesia, Jawa, Sunda, dan Wanita

Sound of Text WhatsApp – Sudah pasti semua orang yang menggunakan WhatsApp pasti mengetahui bahwa aplikasi pesan instan ini memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat untuk kemudahan berkomunikasi. Namun, tahukah Anda bahwa ada aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk memperkuat fitur WhatsApp tersebut? Aplikasi tersebut adalah Sound of Text WA.

Apakah Anda pengguna WhatsApp yang sering merasa kesulitan dalam membaca pesan yang diterima karena tidak memiliki waktu atau tidak memiliki kondisi yang memungkinkan untuk membaca pesan tersebut? Jika iya, maka aplikasi Sound of Text WhatsApp mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalah Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mendengarkan pesan yang diterima di WhatsApp melalui suara yang dihasilkan oleh sistem pembaca suara (text-to-speech).

Apa Itu Sound of Text WA?

Sound of Text WA adalah sebuah aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan fitur WhatsApp dengan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pesan yang diterima di WhatsApp melalui suara yang dihasilkan oleh sistem pembaca suara (text-to-speech). Dengan demikian, pengguna tidak perlu membaca pesan yang diterima secara manual, melainkan dapat mendengarkan pesan tersebut melalui suara yang dihasilkan oleh aplikasi ini.

Cara kerja dari aplikasi Sound of Text WhatsApp sangat sederhana. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store atau App Store, kemudian mengaktifkan fitur pembaca suara pada pengaturan aplikasi. Setelah fitur ini diaktifkan, maka semua pesan yang diterima di WhatsApp akan otomatis dibacakan oleh sistem pembaca suara. Pengguna hanya perlu mengaktifkan speaker pada ponsel atau earphone untuk mendengarkan pesan tersebut.

Selain digunakan untuk membaca pesan yang diterima di WhatsApp, aplikasi Sound of Text WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengubah notifikasi WhatsApp menjadi suara. Dengan demikian, pengguna tidak perlu melihat layar ponsel untuk mengetahui apakah ada pesan baru yang masuk ke WhatsApp, melainkan dapat mendengarkan notifikasi tersebut melalui suara yang dihasilkan oleh aplikasi ini.

Untuk mengaktifkan fitur notifikasi suara pada aplikasi Sound of Text WhatsApp, pengguna perlu melakukan beberapa langkah sederhana. Pertama, pengguna harus mengunduh dan menginstall aplikasi ini dari Google Play Store atau App Store. Kemudian, buka aplikasi Sound of Text WA dan aktifkan fitur pembaca suara pada pengaturan aplikasi. Setelah itu, buka pengaturan notifikasi di WhatsApp dan aktifkan fitur notifikasi suara pada aplikasi Sound of Text WhatsApp.

Dengan demikian, setiap kali ada pesan baru yang masuk ke WhatsApp, pengguna akan menerima notifikasi suara yang dihasilkan oleh aplikasi Sound of Text WhatsApp. Pengguna hanya perlu mengaktifkan speaker atau earphone untuk mendengarkan notifikasi tersebut. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membaca notifikasi di layar ponsel.

Fitur Aplikasi Sound of Text WA

Aplikasi Sound of Text WhatsApp memiliki beberapa fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna. Berikut ini adalah beberapa fitur utama dari aplikasi ini:

Pembaca Suara (text-to-speech)

Fitur pembaca suara merupakan fitur utama dari aplikasi Sound of Text WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pesan yang diterima di WhatsApp melalui suara yang dihasilkan oleh sistem pembaca suara. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur pembaca suara pada pengaturan aplikasi, kemudian mengaktifkan speaker atau earphone untuk mendengarkan pesan tersebut.

Notifikasi Suara

Selain dapat digunakan untuk membaca pesan, aplikasi Sound of Text WA juga dapat digunakan untuk mengubah notifikasi WhatsApp menjadi suara. Dengan demikian, pengguna tidak perlu melihat layar ponsel untuk mengetahui apakah ada pesan baru yang masuk ke WhatsApp, melainkan dapat mendengarkan notifikasi tersebut melalui suara yang dihasilkan oleh aplikasi ini.

Pengaturan Suara

Aplikasi Sound of Text WhatsApp memiliki beberapa pilihan suara yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan pengguna. Pengguna dapat memilih suara yang sesuai dengan selera, seperti suara laki-laki atau perempuan, suara cepat atau lambat, dan lain-lain. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur volume suara sesuai dengan kebutuhan.

Pengaturan Bahasa

Aplikasi Sound of Text WA memiliki fitur pengaturan bahasa yang memungkinkan pengguna untuk memilih bahasa yang diinginkan untuk pembacaan suara. Pengguna dapat memilih bahasa Indonesia, Inggris, atau bahasa lain yang tersedia pada aplikasi ini.

Pemutar Suara Otomatis

Fitur pemutar suara otomatis memungkinkan pesan yang diterima di WhatsApp otomatis diputar melalui suara yang dihasilkan oleh aplikasi Sound of Text WhatsApp. Pengguna tidak perlu menekan tombol untuk memutar pesan tersebut, melainkan pesan akan otomatis diputar setelah diterima. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna yang sering sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membaca pesan.

Daftar Aplikasi Sound of Text WA

Apakah Anda pernah ingin menambahkan suara ke pesan teks di aplikasi WhatsApp Anda? Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat sound of text di aplikasi WhatsApp. Berikut adalah beberapa cara mudah yang dapat Anda coba:

Sound Of Text

Salah satu cara terbaik untuk membuat sound of text WA adalah dengan mengunjungi situs Sound Of Text. Ini adalah situs yang sangat mudah digunakan, dan Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs http://soundoftext.com
  3. Masukkan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara di kolom yang disediakan.
  4. Pilih bahasa Indonesia agar Anda dapat memahami suara tersebut.
  5. Klik Submit setelah selesai.
  6. Download file MP3 yang muncul, dan gunakan audio tersebut di aplikasi WhatsApp.

Voice Of Text

Voice Of Text adalah situs lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat sound of text WhatsApp. Ini hampir sama dengan Sound Of Text, namun Anda dapat menggunakan bahasa lokal di situs ini. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs http://voiceoftext.com
  3. Pilih bahasa yang tersedia.
  4. Masukkan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara di kolom yang disediakan.
  5. Klik Convert to Voice.
  6. Download audio yang muncul, dan gunakan audio tersebut di aplikasi WhatsApp.

Notevibes

Notevibes adalah situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat suara yang formal dan alami. Namun, untuk mengunjungi halaman ini, Anda perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi VPN. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi VPN yang telah Anda unduh.
  2. Hidupkan VPN dan buka situs http://notevibes.com
  3. Anda akan diminta untuk mendaftar terlebih dahulu. Daftar menggunakan email yang Anda gunakan.
  4. Masukkan teks sesuai dengan keinginan Anda, dan ubah teks menjadi suara.
  5. Atur bagian editing suara jika Anda ingin.
  6. Pilih bahasa dan pilih jenis suara.
  7. Convert teks menjadi MP3.
  8. Download MP3 agar dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp.

Voice Maker

Voice Maker adalah situs lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat sound of text WA. Kelebihan dari Voice Maker adalah hasil suara yang bisa dibuat se-alami mungkin, dengan dukungan fitur-fitur editing audio yang lengkap. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs http://voicemaker.in
  3. Masukkan teks sesuai dengan keinginan Anda, dan atur bagian emphasis, pauses, voice effect, dan lain-lain jika diinginkan.
  4. Di bawahnya, klik neural tts.
  5. Pilih bahasa dan pilih juga jenis suara.
  6. Klik convert to voice.
  7. Download MP3 agar dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp.

Botika Online

Botika Online adalah situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat sound of text WhatsApp. Di situs ini, Anda tidak hanya dapat membuat teks menjadi suara, tapi juga dapat mengubah suara menjadi teks. Anda akan diberikan dua pilihan suara: perempuan dewasa dengan kecepatan baca normal dan perempuan muda dengan kecepatan baca cepat. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs https://botika.online/TextToSpeech/
  3. Masukkan teks sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Pilih jenis suara yang Anda inginkan: perempuan dewasa atau perempuan muda.
  5. Klik convert to speech.
  6. Download MP3 agar dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp.

Google Translate

Google Translate adalah alat penerjemah bahasa yang sangat berguna, dan Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat sound of text WA. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi Google Chrome pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs https://online-voice-recorder.com/id/ dan hidupkan perekaman audio.
  3. Buka Google Translate.
  4. Masukkan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara di kolom yang disediakan.
  5. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan.
  6. Klik ikon Speaker, dan hentikan rekaman setelah itu.
  7. Gunakan audio tersebut di aplikasi WhatsApp.
Baca Juga:  Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

iSpeech

iSpeech adalah situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat sound of text WhatsApp. Di situs ini, Anda dapat memilih berbagai jenis suara dan bahasa yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs https://www.ispeech.org/text.to.speech
  3. Masukkan teks sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Pilih bahasa dan jenis suara yang Anda inginkan.
  5. Klik convert to speech.
  6. Download MP3 agar dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp.

Free TTS

Free TTS merupakan salah satu situs yang menyediakan layanan konversi teks menjadi suara secara gratis. Situs ini cukup sederhana dan hanya menawarkan beberapa pilihan bahasa. Namun, hasil suara yang didapatkan cukup sempurna. Situs ini cocok digunakan untuk memberikan narasi pada video-video yang bersifat formal atau video pendek.

Free TTS adalah situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat sound of text WA. Di situs ini, Anda dapat memilih berbagai jenis suara dan bahasa yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs https://freetts.com/
  3. Masukkan teks sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Pilih bahasa dan jenis suara yang Anda inginkan.
  5. Klik convert to speech.
  6. Download MP3 agar dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp.

Fake You

Fakes You adalah situs yang spesialis dalam memberikan efek tertentu pada teks. Sayangnya, situs ini tidak mendukung bahasa Indonesia. Namun, Anda masih bisa mengkonversi teks dalam bahasa Inggris menggunakan suara yang lain. Di situs ini, Anda bisa mengkonversi teks menjadi suara dari tokoh terkenal seperti presiden Amerika atau suara dari anime.

Fake You adalah situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat sound of text WhatsApp. Di situs ini, Anda dapat memilih berbagai jenis suara dan bahasa yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs https://fakeyou.com/
  3. Masukkan teks sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Pilih bahasa dan jenis suara yang Anda inginkan.
  5. Klik convert to speech.
  6. Download MP3 agar dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp.

Vo Codes

Vo Codes adalah situs yang sebenarnya merupakan gabungan dari Fakes You. Jadi, apabila Anda membuka situs ini secara langsung, Anda akan diarahkan ke situs Fakes You. Di Vo Codes, Anda bisa dengan mudah mengkonversi teks menjadi suara dengan menggunakan beberapa filter yang tersedia. Setelah proses konversi selesai, suara tersebut dapat langsung disimpan dan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Vo Codes cocok digunakan bagi Anda yang ingin membuat suara dengan efek tertentu atau suara dari tokoh terkenal.

Vo Codes adalah situs yang dapat Anda gunakan untuk membuat sound of text WA. Di situs ini, Anda dapat memilih berbagai jenis suara dan bahasa yang tersedia. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka browser pada smartphone Anda.
  2. Kunjungi situs https://vo.codes
  3. Masukkan teks sesuai dengan keinginan Anda.
  4. Pilih bahasa dan jenis suara yang Anda inginkan.
  5. Klik convert to speech.
  6. Download MP3 agar dapat Anda gunakan di aplikasi WhatsApp.

Setelah mengetahui berbagai cara membuat sound of text WA yang dapat Anda lakukan, sekarang Anda tinggal memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Semua cara tersebut sudah terbukti efektif dan dapat membantu Anda dalam membuat suara yang diinginkan untuk dijadikan notifikasi di aplikasi WA. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebijakan dan aturan penggunaan masing-masing situs yang Anda gunakan untuk membuat sound of text WA agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Cara Membuat Sound of Text WA

Apakah Anda ingin menambahkan suara unik pada notifikasi pesan WhatsApp Anda? Atau mungkin ingin membuat suara unik untuk kreasi Anda? Jika ya, maka artikel ini akan memberikan informasi yang berguna bagi Anda.

Sound of text atau suara teks adalah suara yang dihasilkan dari teks yang dimasukkan ke dalam suatu aplikasi atau situs web. Di WhatsApp, Anda dapat menggunakan sound of text sebagai notifikasi pesan yang lebih unik dan menarik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat Sound of Text WA.

Cara Membuat Sound of Text Indonesia

Ingin mengubah teks menjadi suara dengan mudah dan cepat? Soundoftext.com merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan. Selain mudah digunakan, soundoftext.com juga menyediakan banyak pilihan bahasa yang bisa Anda gunakan, termasuk bahasa Indonesia. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat Sound of Text Indonesia:

  1. Buka situs soundoftext.com atau tools text to speech lainnya yang tersedia di internet.
  2. Masukkan teks yang ingin diubah menjadi suara dan pilih bahasa atau suara karakter sesuai keinginan Anda.
  3. Klik tombol submit atau convert.
  4. Download file MP3 yang dihasilkan.

Hasil suara Sound of Text Indonesia yang dihasilkan oleh soundoftext.com terkenal bagus dan mirip dengan hasil suara yang dihasilkan oleh Google Translate. Selain itu, fitur download MP3 yang tersedia di situs ini memudahkan Anda untuk menggunakannya tanpa harus merekam suara secara manual seperti yang dilakukan oleh Google Translate. Jadi, jika Anda membutuhkan tools untuk mengubah teks menjadi suara dengan mudah, soundoftext.com bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cara Membuat Sound of Text Jawa

Ingin mengubah teks menjadi suara bahasa Jawa dengan mudah? Voice of text merupakan pilihan yang tepat. Selain mudah digunakan, suara Sound of Text Jawa yang dihasilkan oleh voice of text juga sangat mirip dengan dialek khas orang Jawa, dengan aksen dan intonasi yang lucu dan menarik. Situs ini juga bisa memproduksi suara khas Jawa Timuran yang terkesan mengejek. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan voice of text, yaitu:

  • Voice of text hanya bisa digunakan untuk mengkonversi sebanyak 250 karakter teks dalam sekali konversi.
  • File hasil konversi dalam format mp3 yang secara otomatis tersimpan dalam perangkat Anda.

Jika Anda tertarik membuat Sound of Text Jawa, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Buka situs voice of text melalui laptop atau smartphone.
  2. Masukkan teks yang ingin Anda konversi ke dalam kolom “Text” yang tersedia.
  3. Pilih bahasa yang akan Anda gunakan. Pilih “Javanese (Indonesia)” dalam kolom “Voice” untuk memilih bahasa Jawa sebagai suara.
  4. Klik tombol “Convert to Voice” untuk melakukan konversi.
  5. Tunggu sekitar 3-7 detik untuk proses konversi.
  6. Download hasil konversi dengan klik tombol “Download”.

Setelah Anda mengunduh file hasil konversi, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah Sound of Text Jawa sudah sesuai dengan yang Anda inginkan atau belum. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan batas konversi yang hanya sebanyak 250 karakter dalam sekali konversi saat menggunakan voice of text.

Cara Membuat Sound of Text Wanita

Mencari cara untuk membuat suara Sound of Text Wanita manja untuk notifikasi di WhatsApp? Botika text to speech bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan situs ini, Anda bisa dengan mudah memilih jenis suara wanita manja atau formal sesuai keinginan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat suara Sound of Text Wanita manja dengan Botika text to speech:

  1. Kunjungi situs resmi Botika text to speech di https://botika.online/TextToSpeech/.
  2. Isi kolom yang tersedia dengan kata-kata lucu atau sesuai kemauan Anda.
  3. Pilih jenis suara yang akan Anda gunakan. Pilih opsi suara kedua untuk mendapatkan suara wanita manja.
  4. Centang CAPTCHA untuk proses konfirmasi.
  5. Jika Anda ingin langsung mengunduh hasil teks suara, pilih ikon download. Jika ingin memutar hasil teks suara terlebih dahulu, pilih ikon play.

Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah membuat suara Sound of Text Wanita manja untuk notifikasi di WhatsApp dengan bantuan Botika text to speech. Jangan lupa untuk memilih jenis suara yang sesuai dengan keinginan Anda agar hasil yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Cara Membuat Sound of Text Sunda

Ingin mengubah teks menjadi suara Sound of Text Sunda yang mirip dengan suku Jawa? Anda bisa menggunakan situs sound of text yang disediakan oleh voicemaker.in. Namun, perlu diperhatikan bahwa situs ini hanya menyediakan 250 karakter atau 2 hingga 3 kalimat pendek saja. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat Sound of Text Sunda:

  1. Buka browser dan kunjungi situs https://voicemaker.in/.
  2. Isi kolom dengan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara bahasa Jawa.
  3. Pilih jenis suara Ivy female Child dan klik tombol “Convert to Speech”.
  4. Klik centang “I’m not a robot” dan centang CAPTCHA untuk proses konfirmasi.
  5. Jika Anda ingin memutar hasil teks suara terlebih dahulu, pilih ikon Play.

Cara Membuat Sound of Text Google

Cloud text to speech merupakan salah satu engine yang dapat mengubah teks menjadi suara yang populer saat ini. Anda bisa menggunakan fitur Sound of Text Google ini dengan mudah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser dan kunjungi situs https://cloud.google.com/text-to-speech.
  2. Isi kolom dengan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara.
  3. Pilih jenis suara yang diinginkan.
  4. Klik centang “I’m not a robot” dan centang CAPTCHA untuk proses konfirmasi.
  5. Jika Anda ingin memutar hasil teks suara terlebih dahulu, pilih ikon Play.
  6. Jika Anda ingin menyimpan hasil teks suara, pilih ikon Download.

Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah menggunakan Cloud text to speech untuk mengubah teks menjadi Sound of Text Google yang diinginkan.

Baca Juga:  Cara Download File di Scribd Gratis Tanpa Register

Cara Membuat Sound of Text Lucu

Untuk membuat Sound of Text Lucu seperti suara bayi, Anda dapat mengunjungi situs voicemaker.in. Berikut adalah cara menggunakannya:

  1. Buka browser dan kunjungi situs voicemaker.in.
  2. Masukkan kata-kata yang ingin Anda ubah menjadi suara bayi di kolom yang tersedia.
  3. Pada pilihan jenis suara, pilih Ivy Female Child untuk mendapatkan suara anak perempuan kecil.
  4. Klik Convert to Voice untuk memulai proses konversi.
  5. Download file MP3 hasil konversi dengan mengklik ikon Download.

Dengan cara ini, Anda bisa membuat Sound of Text Lucu seperti suara bayi dengan mudah. Pastikan untuk memilih kata-kata yang sesuai dengan suara bayi agar hasilnya lebih lucu dan menarik.

Cara Membuat Sound of Text Spongebob

Apakah Anda seorang penggemar kartun yang ingin menggunakan suara kartun seperti SpongeBob atau Pikachu dalam kreasi Anda? Jika ya, maka artikel ini akan memberi tahu Anda cara membuat Sound of Text Spongebob dengan mudah.

  1. Untuk memulai, buka browser Anda dan kunjungi situs web https://fakeyou.com/.
  2. Kemudian, pada kolom besar di situs tersebut, masukkan teks yang ingin Anda ubah menjadi suara kartun.
  3. Setelah itu, pilih jenis suara Cartoon, kemudian pilih SpongeBob atau karakter kartun lain yang Anda inginkan.
  4. Setelah itu, pastikan untuk mencentang opsi “I’m not a robot” dan juga centang CAPTCHA untuk konfirmasi.
  5. Kemudian, pilih tombol Play untuk memutar suara yang sudah diubah.
  6. Jika Anda merasa sudah sesuai dengan keinginan, maka Anda dapat mengunduh suara tersebut dengan mengklik ikon Download yang tersedia.

Dengan demikian, Anda sudah dapat menggunakan suara kartun dalam kreasi Anda dengan mudah menggunakan situs web https://fakeyou.com/. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menciptakan kreasi Sound of Text Spongebob unik dengan suara kartun yang menggemaskan.

Cara Membuat Sound of Text Doraemon

Apakah Anda seorang penggemar Doraemon yang ingin menggunakan suara ikonik karakter tersebut sebagai notifikasi pesan di WhatsApp? Jika ya, maka artikel ini akan memberikan informasi Sound of Text Doraemon yang berguna bagi Anda.

Salah satu suara kartun yang tak kalah menarik selain SpongeBob adalah suara Doraemon bahasa Indonesia. Suara serak-serak yang khas ini cocok digunakan sebagai notifikasi pesan di WhatsApp. Tipe suara ini memang sudah banyak digunakan oleh banyak orang karena keunikan dan kecocokannya untuk digunakan sebagai notifikasi.

Untuk membuat Sound of Text Doraemon, Anda cukup mengunjungi situs myinstants.com, lalu mencari ringtone Doraemon di pencarian. Jika sudah muncul ringtone yang diinginkan, Anda dapat langsung mengunduhnya. Setelah terdownload, Anda dapat menjadikan ringtone tersebut sebagai nada notifikasi di WhatsApp.

Dengan demikian, Anda sudah dapat menggunakan Sound of Text Doraemon bahasa Indonesia sebagai notifikasi pesan di WhatsApp dengan mudah. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menambah kesan unik pada notifikasi pesan Anda dengan suara kartun yang menggemaskan.

Cara Menggunakan Sound of Text WA

Sound of text adalah fitur yang memungkinkan Anda mengganti suara notifikasi di aplikasi WhatsApp dengan suara yang Anda pilih sendiri. Ini merupakan cara yang mudah untuk mempersonalisasi pengalaman Anda saat menggunakan aplikasi chatting terpopuler ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Sound of Text WhatsApp.

Cara Menggunakan Sound of Text Sebagai Notifikasi WhatsApp

Anda bisa menggunakan sound of text yang sudah Anda ubah di WhatsApp dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Buka aplikasi My Files di ponsel android Anda.
  2. Pilih internal storage.
  3. Cari folder bernama Ringtones atau Notifications.
  4. Pindahkan file sound of text yang Anda buat ke folder ringtones tersebut.
  5. Buka aplikasi WhatsApp.
  6. Buka menu pengaturan, kemudian klik notifikasi.
  7. Klik nada notifikasi.
  8. Pilih file sound of text yang baru saja Anda pindahkan ke folder ringtones.

Cara Menggunakan Sound of Text Sebagai Notifikasi SMS di Android

Anda juga bisa menggunakan sound of text sebagai notifikasi SMS di android dengan langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke aplikasi pesan di ponsel android Anda.
  2. Klik tiga di pojok atas sebelah kanan.
  3. Pilih pengaturan.
  4. Klik notifikasi.
  5. Pilih SIM yang ingin Anda atur.
  6. Pilih suara.
  7. Cari nada dering sound of text yang tadi sudah Anda pindahkan ke folder ringtones.

Cara Menggunakan Sound of Text Sebagai Nada Dering Alarm

Anda juga bisa menggunakan sound of text sebagai nada dering alarm dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi jam yang ada di ponsel android Anda.
  2. Buat alarm baru, kemudian atur jam dan pengaturan lainnya.
  3. Pada bagian suara alarm, klik nada dering yang ingin Anda gunakan.
  4. Klik tombol (+) dan cari file sound of text dalam format mp3.
  5. Simpan dan nada dering alarm akan berubah sesuai pilihan Anda.

Kelebihan dan Kekurangan Sound of Text WA

Sound of text WA merupakan fitur yang memungkinkan pengguna aplikasi WA untuk mengubah teks menjadi suara atau bahkan mengubah suara menjadi teks. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengirimkan notifikasi dengan cara yang lebih menarik, atau bahkan bagi pengguna yang memiliki keterbatasan dalam membaca atau menulis teks. Namun, seperti halnya fitur lain, sound of text WA juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui oleh penggunanya.

Kelebihan Sound of Text WA

  • Mudah Digunakan
    Pengguna hanya perlu memasukkan teks ke dalam kolom yang tersedia, kemudian memilih efek yang diinginkan dan menekan tombol convert. Proses konversi akan berlangsung selama beberapa saat, dan setelah selesai, akan muncul link download untuk file audio hasil konversi.
  • Gratis
    Banyak situs yang menyediakan layanan konversi teks menjadi suara secara gratis, meskipun ada beberapa batasan yang diterapkan, seperti durasi maksimal teks yang dapat dikonversi. Namun, beberapa situs juga menyediakan durasi yang cukup panjang, sehingga pengguna dapat menggabungkan audio hasil konversi untuk memperoleh durasi yang lebih panjang.
  • Hasil Instan
    Proses konversi biasanya tidak memakan waktu lama, sehingga pengguna dapat segera mendapatkan hasil konversi. Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa hasil sesuai dengan yang diinginkan.
  • Efek Banyak
    Beberapa situs menyediakan lebih dari 100 efek atau filter yang dapat digunakan untuk mengubah suara hasil konversi menjadi lebih khas atau memiliki logat tertentu, seperti suara orang Korea.
  • Bisa dari HP
    Pengguna dapat menggunakan ponsel untuk melakukan proses konversi, meskipun proses tersebut lebih banyak dilakukan menggunakan komputer.
  • Tersedia dalam Beberapa Bahasa
    Beberapa situs menyediakan layanan konversi dalam beberapa bahasa, sehingga pengguna dapat memilih bahasa yang diinginkan untuk proses konversi.
  • Dapat Digunakan untuk Berbagai Tujuan
    Sound of Text WA dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti membuat audio untuk video, presentasi, atau hanya sebagai hiburan. Pengguna dapat menggunakan fitur ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Kekurangan Sound of Text WA

  • Biasanya hanya Support Bahasa Inggris
    Meski beberapa situs sudah mendukung bahasa Indonesia, namun biasanya jumlahnya sangat sedikit. Sebagian besar situs hanya mendukung bahasa Inggris. Hal ini tentunya merupakan kekurangan yang cukup besar karena tidak semua orang bisa mengerti atau menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Hal ini tentunya juga mengurangi kenyamanan pengguna.
  • Biasanya Tidak Mendukung Beberapa Fitur
    Fitur yang diberikan biasanya tidak terlalu banyak. Beberapa fitur yang tidak didukung adalah efek yang terlalu banyak ataupun penambahan efek yang khusus. Hal ini tentunya akan mengurangi kenyamanan pengguna karena tidak bisa membuat suara sesuai dengan keinginan. Kemungkinan besar pengguna akan merasa kurang puas karena tidak bisa menambahkan beberapa efek khusus.
  • Batasan Durasi
    Biasanya diberikan batasan durasi saat menggunakan sound of text wa dalam bentuk platform website. Durasi tersebut biasanya tidak terlalu panjang sehingga tidak bisa dipakai untuk proses yang terlalu panjang. Batasan durasi ini tentunya merupakan kekurangan yang cukup besar karena tidak bisa dipakai untuk proses yang terlalu panjang. Kemungkinan besar akan terpaksa harus memakai beberapa kali lalu menyambung audionya.
  • Hasil Suara Biasanya Tidak Sempurna
    Hasil suara yang nantinya didapatkan biasanya tidak sempurna. Biasanya terdapat beberapa glitch yang terdapat pada suara tersebut sehingga suara tidak selaras seperti yang seharusnya. Hal ini tentunya merupakan kekurangan yang cukup besar karena tidak bisa memberikan hasil yang sempurna. Kemungkinan besar pengguna akan merasa kurang puas dengan hasil yang nantinya didapatkan.
  • Memerlukan Koneksi Internet
    Untuk melakukan proses konversi, biasanya harus memerlukan koneksi internet yang cukup stabil. Tanpa koneksi internet yang stabil, kemungkinan besar proses tidak akan bisa dilakukan dengan baik.
  • Memerlukan Penyimpanan
    Hasil dari proses konversi biasanya akan disimpan dalam bentuk file MP3. Hal ini bisa menjadi beban tambahan bagi yang tidak memiliki penyimpanan yang cukup.

Penutup

Aplikasi Sound of Text WhatsApp merupakan aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan fitur WhatsApp dengan memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pesan yang diterima di WhatsApp melalui suara yang dihasilkan oleh sistem pembaca suara (text-to-speech). Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur notifikasi suara yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan notifikasi WhatsApp melalui suara, sehingga tidak perlu membuka layar ponsel untuk mengetahui apakah ada pesan baru yang masuk.

Aplikasi ini memiliki beberapa pilihan suara dan bahasa yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan pengguna, serta fitur pemutar suara otomatis yang memudahkan pengguna untuk mendengarkan pesan tersebut. Dengan demikian, aplikasi Sound of Text WA merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi pengguna WhatsApp yang ingin memperkuat fitur pesan instan tersebut.