Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Di Bagasi Pesawat

Bagasi pesawat merupakan tempat penyimpanan barang bawaan penumpang yang diangkut bersama dengan pesawat selama penerbangan. Namun, ada beberapa jenis barang yang dilarang untuk dibawa dalam bagasi pesawat karena alasan keamanan atau ketentuan peraturan penerbangan. Berikut ini adalah daftar barang yang tidak boleh dibawa di bagasi pesawat:

1. Bahan Mudah Terbakar

Bahan mudah terbakar seperti bensin, cat semprot, thinner, dan bahan kimia berbahaya lainnya dilarang untuk dibawa di dalam bagasi pesawat. Kehadiran bahan-bahan ini dapat menyebabkan risiko kebakaran yang serius selama penerbangan.

2. Senjata Api dan Senjata Tumpul

Senjata api seperti pistol, senapan, dan senjata api lainnya tidak diperbolehkan untuk dibawa di dalam bagasi pesawat. Selain itu, senjata tumpul seperti tongkat baseball, golok, dan benda tumpul berpotensi berbahaya juga dilarang dalam bagasi pesawat untuk menghindari tindakan kekerasan di pesawat.

3. Bahan Peledak dan Bahan Kimia Berbahaya

Bahan peledak seperti dinamit, petasan, dan bahan peledak lainnya serta bahan kimia berbahaya seperti merkuri, asam sulfat, dan bahan kimia beracun lainnya tidak boleh dibawa di dalam bagasi pesawat karena dapat menimbulkan ancaman keamanan yang serius.

4. Gas Beracun

Gas beracun seperti klorin, amoniak, dan gas berbahaya lainnya tidak diperbolehkan untuk dibawa di dalam bagasi pesawat karena dapat membahayakan kesehatan penumpang dan awak pesawat.

5. Barang Beracun dan Berbahaya Lainnya

Barang beracun seperti pestisida, insektisida, dan zat beracun lainnya serta barang berbahaya seperti baterai asam timbal dan benda berbahaya lainnya juga tidak boleh dibawa di dalam bagasi pesawat untuk mencegah risiko kecelakaan dan bahaya lainnya.

6. Barang Illegal atau Dilarang oleh Hukum

Barang illegal seperti narkotika, obat-obatan terlarang, dan barang ilegal lainnya yang melanggar hukum negara juga tidak diperbolehkan untuk dibawa di dalam bagasi pesawat.

7. Binatang Hidup

Binatang hidup seperti hewan peliharaan dan hewan lainnya tidak diperbolehkan untuk dibawa di dalam bagasi pesawat karena regulasi dan ketentuan khusus terkait pengangkutan binatang hidup dalam penerbangan.

8. Jenis Makanan Tertentu

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang tidak diperbolehkan untuk dibawa di dalam bagasi pesawat karena dapat mengganggu penumpang lain atau melanggar regulasi karantina pangan. Contohnya adalah daging mentah, seafood mentah, telur mentah, dan makanan yang mudah rusak.

9. Benda Bernilai Tinggi

Benda bernilai tinggi seperti uang tunai dalam jumlah besar, perhiasan berharga, dan barang berharga lainnya sebaiknya tidak dibawa di dalam bagasi pesawat untuk mengurangi risiko pencurian atau kehilangan.

10. Benda Fragile dan Mudah Pecah

Benda fragile seperti kaca, keramik, dan barang mudah pecah lainnya sebaiknya tidak dibawa di dalam bagasi pesawat karena risiko kerusakan akibat handling yang kurang hati-hati selama proses pengangkutan.

Demikianlah daftar barang yang tidak boleh dibawa di dalam bagasi pesawat. Penting bagi setiap penumpang untuk mematuhi ketentuan dan regulasi terkait barang bawaan agar dapat terhindar dari masalah dan memastikan keamanan selama penerbangan.

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button