Cara Deteksi Lagu Dari Video Online

Di era digital seperti sekarang ini, kita seringkali menemukan sebuah lagu yang kita sukai dari sebuah video online, entah itu di media sosial, platform streaming, atau pun di situs-situs berbagi video. Namun, terkadang kita tidak tahu apa judul lagu tersebut atau siapa penyanyinya. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mendeteksi lagu dari video online tanpa harus bertanya ke si pemilik video. Berikut adalah beberapa cara deteksi lagu dari video online yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan Aplikasi Pengenalan Musik

Aplikasi pengenalan musik merupakan solusi tercepat dan termudah untuk mendeteksi lagu dari video online. Beberapa aplikasi populer seperti Shazam, SoundHound, dan Musixmatch bisa membantu Anda mengidentifikasi judul lagu serta penyanyi atau band yang menyanyikannya. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi tersebut, arahkan mikrofon ponsel Anda ke sumber lagu, kemudian aplikasi akan memberikan informasi lengkap mengenai lagu tersebut.

2. Menggunakan Fitur Identifikasi Lagu di Platform Streaming

Jika Anda sedang menonton video di platform streaming musik seperti Spotify, Apple Music, atau YouTube Music, Anda bisa memanfaatkan fitur identifikasi lagu yang disediakan oleh platform tersebut. Sebagai contoh, di Spotify, Anda bisa menekan tombol “Search” pada layar pemutar musik untuk menemukan judul lagu dan informasi lainnya. Sementara di YouTube Music, Anda bisa menekan tombol “Identify” pada layar pemutar musik untuk melakukan hal serupa.

3. Mencari Lirik Lagu

Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi lagu dari video online, Anda bisa mencoba mencari lirik lagu tersebut. Cari frasa atau kalimat yang Anda dengar di video online dan masukkan ke mesin pencarian. Kemungkinan besar, Anda akan menemukan hasil pencarian yang mengarah pada judul lagu yang Anda cari. Setelah menemukan judul lagu, Anda bisa mencari informasi lebih lanjut mengenai lagu tersebut di platform musik seperti Spotify atau Apple Music.

4. Mencari Melalui Forum atau Komunitas Musik

Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba untuk bergabung dengan forum atau komunitas musik di internet. Postinglah cuplikan audio atau video dari lagu yang ingin Anda deteksi, dan minta bantuan dari anggota komunitas untuk mengidentifikasinya. Biasanya, anggota komunitas tersebut memiliki pengetahuan musik yang luas dan bisa membantu Anda menemukan informasi yang Anda cari.

5. Mengajukan Pertanyaan di Media Sosial

Media sosial juga bisa menjadi tempat yang baik untuk mencari informasi mengenai lagu dari video online. Anda bisa mengunggah cuplikan video atau audio yang ingin Anda deteksi lagunya, dan bertanya kepada teman-teman atau pengikut Anda apakah mereka tahu judul lagu tersebut. Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan grup atau komunitas musik di media sosial untuk mendapatkan bantuan.

6. Mencari Informasi dari Deskripsi Video

Jika Anda menemukan lagu dari sebuah video di platform berbagi video seperti YouTube, coba lihat deskripsi video tersebut. Terkadang, pemilik video akan mencantumkan informasi mengenai lagu yang digunakan di dalam video tersebut. Jadi, pastikan untuk membaca deskripsi video dengan seksama sebelum mencoba cara lain untuk mendeteksi lagu tersebut.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda diharapkan dapat dengan mudah mendeteksi lagu dari video online yang Anda tonton. Ingatlah untuk selalu menghargai karya musik dengan mendukung para musisi melalui pembelian lagu atau mendengarkannya secara legal di platform musik resmi. Selamat mencoba!

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button