Cara Melihat History Aplikasi Yang Sudah Dihapus Di Android

Android merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Dengan banyaknya aplikasi yang tersedia di Google Play Store, seringkali pengguna mengunduh dan menghapus beberapa aplikasi untuk menghemat ruang penyimpanan atau karena alasan lainnya. Namun, bagaimana cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Fitur Play Store

Fitur Play Store merupakan tempat di mana pengguna dapat mengunduh dan mengelola aplikasi yang terpasang di perangkat Android. Untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas untuk membuka menu.
  3. Pilih opsi “My apps & games”.
  4. Pindah ke tab “Library”.
  5. Di sini, pengguna dapat melihat daftar semua aplikasi yang pernah diunduh, termasuk yang sudah dihapus.

2. Menggunakan Riwayat Pemasangan

Google Play Store juga menyediakan fitur Riwayat Pemasangan yang memungkinkan pengguna melihat semua aplikasi yang pernah diunduh, bahkan yang sudah dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Play Store.
  2. Ketuk ikon tiga garis untuk membuka menu.
  3. Pilih opsi “Pengaturan”.
  4. Pilih “Riwayat Pemasangan”.
  5. Di sini, pengguna dapat melihat daftar lengkap semua aplikasi yang pernah diunduh, termasuk yang sudah dihapus.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan dari Google Play Store, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut:

  1. App Manager: Aplikasi ini memungkinkan pengguna melihat dan mengelola semua aplikasi yang pernah diinstal di perangkat Android.
  2. My App List: Aplikasi ini menyediakan daftar lengkap semua aplikasi yang pernah diunduh, termasuk yang sudah dihapus.
  3. ApowerManager: Selain fitur manajemen file, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melihat riwayat aplikasi yang pernah dihapus.

4. Menggunakan Google Fitur My Activity

Google Fitur My Activity adalah fitur yang memungkinkan pengguna melihat semua aktivitas yang terkait dengan akun Google, termasuk riwayat aplikasi yang pernah diunduh dan dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser web dan kunjungi situs web myactivity.google.com.
  2. Login dengan akun Google yang digunakan di perangkat Android.
  3. Pilih opsi “Filter by date & product” dan pilih “Play Store” sebagai produk yang ingin dilihat riwayatnya.
  4. Pengguna dapat melihat semua aktivitas terkait dengan Google Play Store, termasuk aplikasi yang sudah dihapus.

Dengan mengikuti salah satu cara di atas, pengguna dapat dengan mudah melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Semua langkah tersebut dapat dilakukan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan dan hanya memerlukan koneksi internet yang stabil. Selamat mencoba!

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button