Cara Membalas Pesan Instagram Seperti Wa

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer saat ini. Banyak pengguna Instagram yang menggunakan fitur Direct Message (DM) untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, atau bahkan bisnis. Namun, seringkali pengguna merasa kesulitan ketika ingin membalas pesan Instagram seperti yang biasa dilakukan di WhatsApp. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membalas pesan Instagram seperti WhatsApp.

1. Aktifkan Fitur Chat Instagram

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan fitur Chat Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram untuk melakukan obrolan langsung dengan pengguna lain, mirip dengan fitur Direct Message di WhatsApp. Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi Instagram dan masuk ke bagian Pengaturan (Settings). Pilih opsi Pesan (Messages) dan aktifkan fitur Chat Instagram.

2. Membalas Pesan dengan Balasan Cepat

Salah satu fitur yang sering digunakan di WhatsApp adalah Balasan Cepat (Quick Reply). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membalas pesan dengan cepat tanpa harus mengetik ulang pesan yang sama. Untuk menggunakan fitur ini di Instagram, cukup ketuk dan tahan pesan yang ingin Anda balas, kemudian pilih opsi Balasan Cepat. Anda dapat membuat balasan cepat sesuai kebutuhan dan menggunakan balasan tersebut untuk membalas pesan dengan cepat.

3. Menggunakan Emoji dan Stiker

Emoji dan stiker seringkali dapat membuat obrolan menjadi lebih menarik dan ekspresif. Hal ini juga berlaku di Instagram. Anda dapat menggunakan berbagai macam emoji dan stiker yang tersedia di Instagram untuk menambahkan sentuhan personal dalam balasan pesan Anda. Cara ini akan membuat obrolan lebih hidup dan menyenangkan, mirip dengan menggunakan emoji dan stiker di WhatsApp.

4. Mengedit Pesan yang Sudah Dikirim

Fitur yang cukup berguna di WhatsApp adalah kemampuan untuk mengedit pesan yang sudah dikirim. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memperbaiki kesalahan penulisan atau merubah isi pesan tanpa harus mengirim ulang. Meskipun fitur ini belum tersedia secara langsung di Instagram, Anda masih dapat menggunakan trik tertentu untuk mengedit pesan yang sudah dikirim. Caranya adalah dengan menghapus pesan yang sudah dikirim dan mengirim pesan baru dengan konten yang sudah diperbaiki.

5. Berikan Reaksi dengan Emoji

Seperti halnya di WhatsApp, Anda juga dapat memberikan reaksi terhadap pesan yang diterima menggunakan emoji di Instagram. Caranya adalah dengan mengetuk dan tahan pesan yang ingin Anda beri reaksi, kemudian pilih opsi Emoji Reaksi. Anda dapat memilih emoji yang sesuai dengan reaksi Anda terhadap pesan tersebut dan emoji tersebut akan muncul sebagai tanggapan Anda terhadap pesan tersebut.

6. Membalas Pesan dengan Suara

Jika Anda lebih suka memberikan respon dengan suara daripada mengetik, Anda dapat menggunakan fitur pesan suara di Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merekam pesan suara dan mengirimkannya kepada pengguna lain. Caranya adalah dengan mengetuk ikon microphone di kolom pesan dan mulai merekam pesan suara Anda. Setelah selesai, Anda dapat mengirim pesan suara tersebut kepada penerima pesan dengan cara menekan tombol kirim.

7. Gunakan Filter dan Efek Khusus

Instagram terkenal dengan fitur filter dan efek khusus yang dapat digunakan untuk mempercantik foto dan video. Anda juga dapat menggunakan filter dan efek khusus ini saat membalas pesan di Instagram untuk membuat pesan Anda menjadi lebih menarik dan kreatif, mirip dengan fitur yang tersedia di WhatsApp. Caranya adalah dengan mengetuk ikon kamera di kolom pesan dan pilih filter atau efek khusus yang ingin Anda gunakan sebelum mengirim pesan tersebut.

8. Gunakan Fitur Video Call dan Voice Call

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan fitur Video Call dan Voice Call di Instagram untuk berkomunikasi dengan pengguna lain secara langsung, mirip dengan fitur yang tersedia di WhatsApp. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan suara atau video dengan pengguna lain di Instagram. Caranya adalah dengan masuk ke obrolan dengan pengguna yang ingin Anda hubungi, kemudian pilih ikon Video Call atau Voice Call sesuai kebutuhan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membalas pesan di Instagram dengan cara yang mirip dengan WhatsApp. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menjalankan aktivitas komunikasi di Instagram dengan lebih efisien dan menyenangkan. Selamat mencoba!

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button