Cara Memisahkan Grup Dan Chat Pribadi Di Whatsapp Tanpa Aplikasi

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Dengan fitur-fitur yang lengkap, pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Namun, terkadang kita merasa terganggu dengan notifikasi dari grup Whatsapp yang terus-menerus masuk, sehingga membuat chat pribadi kita terabaikan. Nah, pada artikel ini kita akan membahas cara memisahkan grup dan chat pribadi di Whatsapp tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

1. Nonaktifkan Notifikasi Grup

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan nonaktifkan notifikasi grup agar tidak mengganggu chat pribadi kita. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Whatsapp, lalu pilih grup yang ingin kamu nonaktifkan notifikasinya. Setelah itu, tekan nama grup tersebut untuk masuk ke dalam detail grup. Selanjutnya, pilih opsi ‘Custom Notifications’, lalu centang opsi ‘Override Do Not Disturb’ dan matikan notifikasi suara dan pop-up. Dengan begitu, notifikasi dari grup tersebut tidak akan muncul lagi.

2. Sembunyikan Notifikasi Grup

Jika kamu tidak ingin benar-benar nonaktifkan notifikasi grup, kamu juga bisa menyembunyikannya agar tidak terlalu mencolok di layar ponsel kamu. Caranya cukup mudah, cukup tahan pesan notifikasi dari grup tersebut, lalu pilih opsi ‘Silent’ atau ‘Turn Off Notifications’. Dengan begitu, notifikasi dari grup tersebut akan tetap muncul namun tidak terdengar atau terlihat.

3. Filter Pesan

Jika kamu ingin lebih rapi dalam memisahkan pesan dari grup dan chat pribadi, kamu bisa memanfaatkan fitur filter pesan di Whatsapp. Caranya sangat mudah, cukup pilih opsi ‘Filter Messages’ di menu pengaturan Whatsapp, lalu atur filter pesan berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan begitu, pesan dari grup dan chat pribadi dapat dipisahkan secara otomatis berdasarkan kriteria yang sudah kamu tentukan.

4. Buat Label Khusus

Salah satu cara efektif untuk memisahkan grup dan chat pribadi di Whatsapp tanpa aplikasi tambahan adalah dengan membuat label khusus. Caranya sangat mudah, cukup buka aplikasi Whatsapp, lalu pilih pesan dari grup atau chat pribadi yang ingin kamu label. Selanjutnya, pilih opsi ‘Label’ atau ‘Mark as’, lalu atur label sesuai keinginan kamu. Dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah membedakan pesan-pesan dari grup dan chat pribadi.

5. Gunakan Fitur Archive

Jika kamu ingin menyimpan pesan dari grup tanpa harus terus muncul di kotak masuk utama, kamu bisa memanfaatkan fitur Archive di Whatsapp. Caranya sangat mudah, cukup tahan pesan dari grup tersebut, lalu pilih opsi ‘Archive’. Dengan begitu, pesan dari grup tersebut akan disimpan secara tersembunyi namun masih bisa diakses kapan pun kamu mau.

6. Keluar Dari Grup Tertentu

Jika memang sudah tidak nyaman dengan notifikasi dari salah satu grup, kamu juga bisa keluar dari grup tersebut tanpa harus menghapus chat histori dalam grup. Caranya cukup mudah, cukup buka grup yang ingin kamu tinggalkan, lalu pilih opsi ‘Exit Group’. Dengan begitu, kamu tidak akan lagi menerima notifikasi dari grup tersebut namun masih bisa melihat histori chat di dalamnya.

Dengan menggunakan tips-tips di atas, diharapkan kamu dapat dengan mudah memisahkan grup dan chat pribadi di Whatsapp tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Dengan demikian, kamu dapat fokus pada chat pribadi tanpa terganggu oleh notifikasi dari grup yang mungkin kurang penting bagi kamu. Selamat mencoba!

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button