Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Memiliki smartphone yang tidak bisa disentuh sama sekali bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Tidak bisa menggunakan layar sentuh membuat pengguna tidak bisa menggunakan fitur atau aplikasi di dalamnya. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah ini. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan:

1. Bersihkan Layar dan Pelindungnya

Seringkali, masalah layar sentuh yang tidak responsif disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel di layar atau pelindungnya. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan layar dan pelindungnya menggunakan kain mikrofiber yang lembut.

2. Restart Hp

Jika membersihkan layar tidak membantu, coba restart hp Anda. Kebanyakan masalah teknis pada smartphone dapat terselesaikan dengan melakukan restart. Matikan hp Anda, biarkan beberapa detik, lalu nyalakan kembali.

3. Periksa Pengaturan Layar Sentuh

Kadang-kadang, masalah layar sentuh yang tidak responsif disebabkan oleh pengaturan yang salah. Periksa pengaturan layar sentuh di menu Pengaturan dan pastikan semuanya berjalan dengan baik.

4. Software Update

Pastikan software hp Anda selalu ter-update ke versi terbaru. Perangkat lunak yang usang atau tidak kompatibel bisa menyebabkan masalah pada layar sentuh.

5. Kalibrasi Layar Sentuh

Jika langkah-langkah di atas tidak membantu, Anda bisa mencoba untuk melakukan kalibrasi layar sentuh. Langkah-langkahnya biasanya dapat ditemukan di menu Pengaturan atau dalam aplikasi khusus kalibrasi.

6. Cek Hardware

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, ada kemungkinan bahwa masalahnya terletak pada hardware. Periksa apakah layar sentuh Anda rusak atau kabel koneksinya terganggu. Jika Anda merasa tidak nyaman untuk memperbaiki sendiri, sebaiknya bawa hp Anda ke pusat layanan terpercaya.

7. Penyebab Umum

Beberapa penyebab umum layar sentuh tidak responsif antara lain kotoran, air, atau kerusakan fisik. Selalu perlakukan hp Anda dengan hati-hati dan hindari menggunakan hp dengan tangan kotor atau basah.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, diharapkan Anda bisa memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh sama sekali. Jika semua upaya sudah dilakukan namun masalah tetap persisten, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi profesional agar hp Anda dapat diperbaiki dengan baik.

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button