Cara Memperbaiki Video Yang Terbalik

Jika Anda pernah mengambil video dengan ponsel atau kamera dan menemukan bahwa video tersebut terbalik saat diputar, jangan panik. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki video yang terbalik. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

1. Memutar Video Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara termudah untuk memperbaiki video yang terbalik adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store atau Play Store yang dirancang khusus untuk memutar video. Beberapa contoh aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah Rotate & Flip, Video Rotate Flip, atau Flip Video FX.

2. Menggunakan Software Editing Video

Jika Anda lebih suka menggunakan komputer daripada ponsel, Anda bisa menggunakan software editing video seperti Adobe Premiere, Final Cut Pro, atau Windows Movie Maker. Dengan menggunakan software ini, Anda dapat dengan mudah memutar video yang terbalik dan menyesuaikan orientasinya sesuai keinginan Anda.

3. Memutar Video dengan VLC Media Player

VLC Media Player adalah salah satu software pemutar media yang populer dan dapat digunakan untuk memperbaiki video yang terbalik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka VLC Media Player.
  2. Pilih menu “Tools” dan pilih “Effects and Filters”.
  3. Pilih tab “Video Effects” dan pilih “Geometry”.
  4. Centang kotak “Transform” dan pilih opsi “Rotate by 180 degrees” atau “Rotate by 90 degrees” sesuai kebutuhan Anda.
  5. Klik “Close” dan simpan perubahan Anda.

4. Memutar Video Online

Jika Anda tidak ingin repot mengunduh aplikasi atau software, Anda juga bisa menggunakan layanan online untuk memutar video yang terbalik. Beberapa situs web yang menyediakan layanan ini antara lain Online UniConverter, Kapwing, atau Ezgif. Anda hanya perlu mengunggah video Anda dan melakukan rotasi atau pemutaran sesuai kebutuhan Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Bawaan Ponsel

Sebagian besar ponsel memiliki aplikasi bawaan untuk mengedit foto dan video. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memperbaiki video yang terbalik. Caranya biasanya cukup mudah, yaitu dengan membuka video yang ingin diperbaiki, memilih opsi untuk memutar atau membalik video, dan menyimpan perubahan Anda.

6. Menggunakan Program Konversi Video

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam memperbaiki video yang terbalik, Anda juga bisa menggunakan program konversi video seperti HandBrake atau Any Video Converter. Dengan program ini, Anda dapat merotasi video secara manual sesuai keinginan Anda.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki video yang terbalik. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat!

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button