Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop Windows 11

Apakah Anda sering merasa kesulitan saat mengatur kecerahan layar laptop Windows 11? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 agar Anda dapat menyesuaikan pengaturan layar sesuai dengan preferensi Anda. Simak informasi lengkapnya di bawah ini:

1. Menggunakan Tombol Fungsi pada Keyboard

Salah satu cara termudah untuk mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 adalah dengan menggunakan tombol fungsi pada keyboard. Caranya adalah dengan menemukan tombol Fn (Function) yang biasanya berada di bagian bawah kiri keyboard laptop Anda. Selanjutnya, temukan tombol khusus untuk mengatur kecerahan layar yang biasanya memiliki ikon matahari atau lampu. Tekan tombol Fn bersamaan dengan tombol pengatur kecerahan untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar.

2. Menggunakan Pengaturan Sistem

Jika Anda ingin melakukan pengaturan kecerahan layar secara lebih detail, Anda dapat memanfaatkan fitur pengaturan sistem di Windows 11. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan melalui ikon gear di sebelah kiri Start Menu atau dengan menekan tombol Windows + I. Selanjutnya, pilih opsi System dan pilih Display di menu sebelah kiri. Anda dapat menyesuaikan kecerahan layar dengan menggeser slider ke kanan atau ke kiri sesuai kebutuhan Anda.

3. Menggunakan Action Center

Action Center merupakan fitur yang memudahkan pengguna Windows 11 untuk mengakses berbagai opsi pengaturan dengan cepat, termasuk pengaturan kecerahan layar. Caranya adalah dengan membuka Action Center dengan mengklik ikon notifikasi di kanan bawah taskbar atau dengan menekan tombol Windows + A. Selanjutnya, Anda dapat menemukan opsi Quick Settings untuk mengatur kecerahan layar dengan mudah.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda merasa fitur bawaan Windows 11 kurang memadai, Anda juga dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk mengatur kecerahan layar laptop. Beberapa aplikasi populer seperti Dimmer atau Flux dapat membantu Anda dalam mengatur kecerahan layar dengan lebih detail, termasuk fitur penyesuaian berdasarkan waktu dan kondisi lingkungan sekitar.

5. Mengaktifkan Adaptative Brightness

Windows 11 juga menyediakan fitur Adaptative Brightness yang dapat mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan kondisi cahaya di sekitar Anda. Fitur ini dapat membantu mengurangi kelelahan mata saat menggunakan laptop dalam kondisi pencahayaan yang berbeda-beda. Anda dapat mengaktifkan fitur ini melalui pengaturan Power & Battery di Control Panel.

6. Memperhatikan Kesehatan Mata

Selain mengatur kecerahan layar laptop, penting juga untuk memperhatikan kesehatan mata saat menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama. Pastikan Anda menggunakan laptop dalam kondisi pencahayaan yang cukup, jangan terlalu dekat dengan layar, dan istirahatkan mata Anda setiap beberapa jam sekali. Anda juga dapat menggunakan filter layar untuk mengurangi radiasi biru yang dapat merusak mata.

Demikianlah beberapa cara mengatur kecerahan layar laptop Windows 11 yang dapat Anda terapkan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan preferensi Anda dan menjaga kesehatan mata Anda saat menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba!

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button