Cara Mengembalikan Chat Telegram Yang Terhapus Permanen

Telegram merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang sangat populer di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Pengguna Telegram dapat mengirim pesan, foto, video, dan berbagai file lainnya dengan mudah dan cepat. Namun, terkadang pengguna dapat menghapus chat secara tidak sengaja atau bahkan chat tersebut dihapus oleh lawan bicara. Jika hal ini terjadi, bagaimana cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen? Simak ulasan berikut untuk mengetahui caranya.

1. Periksa Folder Chat Baru

Jika Anda menghapus chat secara tidak sengaja, chat tersebut mungkin akan masuk ke dalam folder “Chat Baru”. Biasanya, chat yang dihapus akan berpindah ke folder ini selama beberapa hari sebelum benar-benar terhapus permanen. Untuk mengeceknya, buka folder “Chat Baru” di menu Telegram dan periksa apakah chat yang dihapus ada di sana.

2. Gunakan Fitur Backup

Backup merupakan fitur yang disediakan oleh Telegram untuk menyimpan riwayat chat dan media secara teratur. Dengan melakukan backup secara rutin, Anda dapat mengembalikan chat yang terhapus dengan mudah. Caranya, buka pengaturan Telegram, pilih opsi “Chat dan Panggilan”, lalu pilih “Chat Backup” dan ikuti petunjuk yang diberikan dalam aplikasi.

3. Gunakan Fitur Unduhan

Jika Anda menghapus chat Telegram yang berisi file penting seperti foto, video, atau dokumen, Anda dapat memanfaatkan fitur unduhan untuk mengembalikannya. Caranya, buka chat yang ingin Anda pulihkan, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Simpan Ke Galeri” atau “Simpan ke Unduhan” sesuai dengan jenis file yang ingin Anda pulihkan.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu mengembalikan chat Telegram yang terhapus. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan adalah Dr.Fone – Data Recovery dan PhoneRescue for Android. Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya agar data pribadi Anda tetap aman.

5. Hubungi Layanan Bantuan Telegram

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menghubungi layanan bantuan Telegram untuk meminta bantuan lebih lanjut. Kunjungi situs resmi Telegram dan cari opsi “Hubungi Kami” atau “Bantuan”. Sampaikan masalah Anda dengan jelas dan lengkap agar tim dukungan dapat membantu Anda dengan lebih baik.

Kesimpulan

Mengembalikan chat Telegram yang terhapus permanen memang bisa menjadi tantangan tersendiri, namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan kembali chat yang hilang. Pastikan untuk melakukan backup secara rutin dan tidak menghapus chat secara sembarangan untuk menghindari kehilangan data yang penting.

Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari kekhawatiran kehilangan chat Telegram yang berisi informasi berharga dan dapat mengembalikannya dengan mudah jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan penghapusan.

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button