Cara Mengetahui Pemilik Akun Fake Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini. Semakin banyak orang yang menggunakan Instagram untuk berbagi momen-momen penting dalam hidup mereka. Namun, sayangnya, tidak semua akun Instagram yang ada adalah akun yang asli. Banyak akun palsu atau fake yang bertujuan untuk melakukan penipuan, penyebaran hoaks, atau melakukan hal-hal negatif lainnya. Oleh karena itu, penting untuk bisa mengetahui pemilik akun Instagram yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan hal tersebut:

1. Periksa Jumlah Followers dan Following

Salah satu cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah akun Instagram tersebut asli atau palsu adalah dengan memeriksa jumlah followers dan following. Biasanya, akun palsu memiliki jumlah followers yang sangat tinggi namun following yang rendah, karena mereka tidak aktif mengikuti akun orang lain. Jika Anda menemukan akun yang memiliki pola seperti ini, bisa jadi itu adalah akun palsu.

2. Perhatikan Aktivitas Posting

Akun Instagram asli biasanya aktif dalam melakukan posting, baik berupa foto, video, atau stories. Mereka juga sering berinteraksi dengan pengikut mereka melalui komentar dan direct message. Namun, akun palsu cenderung tidak terlalu aktif dalam melakukan posting atau berinteraksi dengan pengikut. Jadi, perhatikanlah aktivitas posting dari akun tersebut untuk mengetahui apakah itu akun asli atau palsu.

3. Periksa Kredibilitas Konten

Selain melihat aktivitas posting, periksa juga kredibilitas konten yang diunggah oleh akun tersebut. Apakah kontennya terlihat asli dan relevan, atau malah terlihat seperti hasil copy paste dari akun lain? Akun palsu cenderung menggunakan konten yang tidak original atau bahkan melakukan pencurian konten dari akun lain. Jadi, pastikan untuk mengonfirmasi kredibilitas konten sebelum mempercayai akun tersebut.

4. Lakukan Penelusuran Google Image

Jika Anda masih meragukan keaslian akun tersebut, Anda bisa melakukan penelusuran Google Image untuk memeriksa apakah foto-foto yang diunggah oleh akun tersebut asli atau bukan. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menyimpan foto tersebut lalu unggah ke Google Image. Jika foto tersebut sudah pernah diposting di akun lain sebelumnya, bisa jadi akun tersebut palsu.

5. Tanyakan langsung kepada Pemilik Akun

Jika Anda masih ragu-ragu, Anda bisa langsung bertanya kepada pemilik akun untuk memastikan keaslian akun tersebut. Tanyakanlah hal-hal yang hanya diketahui oleh pemilik asli akun, seperti info personal atau cerita di balik foto-foto yang diunggah. Jika pemilik akun tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan benar, bisa dipastikan bahwa itu adalah akun palsu.

6. Gunakan Aplikasi Pengecek Akun Instagram

Untuk memudahkan Anda dalam mengecek keaslian sebuah akun Instagram, Anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi pengecek akun Instagram. Aplikasi seperti Social Blade, IG Audit, atau HypeAuditor dapat membantu Anda mengetahui apakah sebuah akun memiliki tingkat keaslian yang tinggi atau tidak. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah dalam mengetahui apakah sebuah akun Instagram adalah akun asli atau palsu.

Dengan demikian, mengetahui pemilik akun fake Instagram bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Dengan menggunakan cara-cara di atas, Anda bisa lebih bijak dalam memilih untuk mempercayai sebuah akun atau tidak. Ingatlah selalu untuk selalu waspada dan teliti sebelum memutuskan untuk mengikuti atau berinteraksi dengan akun yang belum Anda kenal.

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button