Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan Bersih

Bagi seorang musisi atau produser musik, seringkali diperlukan sebuah lagu instrumental tanpa vokal. Hal ini bisa dilakukan untuk keperluan karaoke, cover lagu, atau untuk berbagai keperluan lainnya. Namun, tidak semua lagu yang kita miliki sudah tersedia dalam versi instrumental. Oleh karena itu, kita perlu menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melakukan hal tersebut:

1. Menggunakan Software Audio Editing

Software audio editing seperti Adobe Audition, Audacity, atau FL Studio dapat membantu Anda dalam menghapus vokal pada lagu. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengimpor file lagu yang ingin dihilangkan vokalnya ke dalam software tersebut. Kemudian, Anda bisa menggunakan fitur karaoke atau center channel extraction untuk membantu menghilangkan vokal dengan lebih bersih. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan dan melakukan beberapa percobaan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

2. Menggunakan Plug-in Vokal Remover

Terdapat beberapa plug-in vokal remover yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan vokal pada lagu. Beberapa plug-in populer seperti Waves Vocal Remover, iZotope RX, atau Kn0ck0ut dapat memberikan hasil yang cukup memuaskan. Anda hanya perlu menginstal plug-in tersebut ke dalam software audio editing yang Anda gunakan, lalu ikuti petunjuk penggunaan yang disediakan. Dengan menggunakan plug-in ini, Anda bisa menghilangkan vokal dengan lebih cepat dan efisien.

3. Membeli Versi Instrumental Lagu

Jika Anda tidak ingin repot-repot menghilangkan vokal sendiri, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli versi instrumental dari lagu yang Anda inginkan. Banyak produsen musik yang menyediakan versi instrumental dari lagu-lagu populer dengan harga yang terjangkau. Dengan membeli versi instrumental, Anda bisa mendapatkan kualitas suara yang lebih baik dan tidak perlu repot mengedit sendiri.

4. Memanfaatkan Website atau Aplikasi Online

Ada juga beberapa website atau aplikasi online yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan vokal pada lagu. Beberapa contoh website atau aplikasi seperti PhonicMind, VocalZap, atau Spleeter dapat membantu Anda dalam proses ini. Anda hanya perlu mengunggah file lagu yang ingin dihilangkan vokalnya, lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Namun, perlu diingat bahwa kualitas hasil akhir bisa bervariasi tergantung pada kualitas audio asli yang Anda gunakan.

5. Menggunakan Equalizer

Equalizer juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih. Dengan mengatur frekuensi tertentu yang biasanya digunakan vokal, Anda bisa menekan suara vokal sehingga tidak terdengar lagi. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan equalizer agar tidak merusak kualitas audio secara keseluruhan. Lakukan beberapa percobaan dan aturannya dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Dengan menggunakan salah satu cara di atas, Anda bisa menghilangkan vokal pada lagu dengan bersih sesuai dengan kebutuhan Anda. Cobalah dan sesuaikan dengan preferensi Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam proses penghapusan vokal pada lagu.

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button