Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi

Instagram sudah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Dengan jutaan pengguna aktif setiap harinya, tidak jarang kita ingin mengetahui siapa saja yang tidak lagi mengikuti akun Instagram kita. Namun, tidak semua orang ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan cek unfollow dan masih mencari cara yang lebih aman dan praktis. Berikut ini adalah beberapa cara untuk cek unfollow pada akun Instagram tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

1. Gunakan Fitur Bawaan Instagram

Satu-satunya cara resmi dari Instagram untuk mengetahui siapa yang tidak mengikuti akun kita adalah melalui fitur yang disediakan oleh Instagram sendiri. Langkah-langkahnya cukup mudah:

a. Buka Aplikasi Instagram

Pertama-tama, buka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan pastikan sudah login ke akun Anda.

b. Pergi ke Profil Anda

Ketuk ikon profil di pojok kanan bawah layar untuk masuk ke halaman profil Anda.

c. Tekan Jumlah Pengikut dan Pengikut

Di halaman profil Anda, tekan pada jumlah pengikut atau pengikut untuk masuk ke daftar orang yang mengikuti atau diikuti oleh akun Anda.

d. Cek daftar yang tidak mengikuti Anda

Di menu pengikut atau diikuti, Anda bisa melakukan scroll untuk melihat daftar lengkap dari orang yang tidak mengikuti Anda.

2. Periksa Melalui Website Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menggunakan cara yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa menggunakan website pihak ketiga yang menyediakan layanan untuk cek unfollow Instagram. Beberapa website populer seperti Unfollowgram, InstaFollow, atau Unfollower Stats bisa membantu Anda untuk mengetahui siapa yang sudah tidak mengikuti akun Instagram Anda.

3. Lakukan Analisis Manual

Jika Anda tidak ingin mengandalkan fitur resmi Instagram atau website pihak ketiga, Anda juga bisa melakukan analisis manual dengan cara:

a. Buat Catatan Pengikut

Anda bisa membuat catatan pengikut dalam bentuk daftar untuk memudahkan Anda dalam mengecek unfollow di kemudian hari.

b. Cek Secara Berkala

Lakukan pengecekan secara berkala terhadap daftar pengikut dan cocokkan dengan catatan yang sudah Anda buat sebelumnya untuk mengetahui siapa yang unfollow.

4. Gunakan Fitur Pemberitahuan Instagram

Jika Anda ingin selalu mendapatkan notifikasi setiap kali seseorang unfollow akun Instagram Anda, Anda bisa mengaktifkan fitur pemberitahuan di aplikasi Instagram:

a. Buka Aplikasi Instagram

Buka aplikasi Instagram dan masuk ke halaman profil Anda.

b. Pergi ke Pengaturan

Di halaman profil, tekan ikon tiga strip di pojok kanan atas dan pilih menu Pengaturan.

c. Atur Pemberitahuan

Pilih menu Pemberitahuan dan aktifkan pemberitahuan untuk fitur “Seseorang yang mengikuti Anda berhenti mengikuti Anda”.

5. Lakukan Interaksi Aktif dengan Pengikut

Salah satu cara terbaik untuk mencegah seseorang unfollow akun Instagram Anda adalah dengan melakukan interaksi yang aktif dengan pengikut Anda. Dengan cara ini, Anda bisa membangun hubungan yang lebih kuat dan membuat orang lebih tertarik untuk tetap mengikuti akun Anda.

Dengan menggunakan salah satu dari cara di atas, Anda bisa dengan mudah mengetahui siapa saja yang tidak lagi mengikuti akun Instagram Anda tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Ingatlah untuk selalu menghormati privasi orang lain dan tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan yang berlaku.

Redaksi ChatAja

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button