Aplikasi Keren Android Yang Jarang Diketahui

Android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan jutaan aplikasi yang tersedia di Google Play Store, seringkali kita melewati atau bahkan tidak tahu bahwa ada beberapa aplikasi keren yang jarang diketahui oleh pengguna Android. Artikel ini akan membahas beberapa aplikasi Android yang mungkin belum banyak diketahui, namun memiliki fitur yang sangat berguna dan menarik.

1. Resplash

Resplash adalah aplikasi wallpaper yang menawarkan kumpulan gambar-gambar berkualitas tinggi yang dapat dijadikan wallpaper. Resplash memiliki antarmuka pengguna yang ramah dan mudah digunakan, dengan fitur pencarian yang memungkinkan pengguna untuk menemukan wallpaper sesuai dengan preferensi mereka. Aplikasi ini menyediakan berbagai kategori seperti alam, abstrak, teknologi, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengguna juga dapat membagikan foto mereka sendiri ke dalam aplikasi ini.

2. Otter Voice Notes

Otter Voice Notes adalah aplikasi yang sangat berguna bagi mereka yang seringkali perlu merekam percakapan atau catatan suara. Aplikasi ini menggunakan kecerdasan buatan untuk mentranskripsi percakapan yang direkam ke dalam teks secara real-time. Pengguna dapat dengan mudah mencari dan membaca kembali catatan suara mereka, serta dapat menggunakan fitur tagging untuk mengatur catatan suara. Otter Voice Notes juga mendukung integrasi dengan aplikasi lain seperti Dropbox dan Zoom.

3. MacroDroid

MacroDroid adalah aplikasi otomatisasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat aturan-aturan otomatis berdasarkan aksi-aksi tertentu. Misalnya, pengguna dapat membuat aturan otomatis untuk menghidupkan mode senyap saat sedang berada di kantor atau untuk mengirim pesan balasan otomatis saat sedang mengemudi. MacroDroid memiliki antarmuka pengguna yang intuitif dan banyak sekali pilihan aksi otomatis yang dapat dipilih pengguna sesuai kebutuhan.

4. Send Anywhere

Send Anywhere merupakan aplikasi untuk mengirim berkas atau file dalam ukuran besar dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini menggunakan teknologi peer-to-peer untuk mentransfer berkas antar perangkat tanpa perlu koneksi internet. Send Anywhere juga memiliki fitur penyimpanan cloud untuk menyimpan berkas-berkas yang telah dikirim. Aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna yang seringkali perlu berbagi file dalam ukuran besar, terutama saat tidak ada koneksi internet yang stabil.

5. CamScanner

CamScanner adalah aplikasi pindai dokumen yang dapat mengubah ponsel Android menjadi mesin pemindai dokumen portabel. Aplikasi ini dapat mengenali teks dari dokumen yang dipindai, memungkinkan pengguna untuk membuat file PDF berkualitas tinggi, serta menyediakan fitur pengeditan dokumen. CamScanner juga memiliki fitur berbagi dokumen yang memudahkan pengguna untuk membagikan dokumen yang telah dipindai. Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang seringkali harus bekerja dengan dokumen secara mobile.

6. GlassWire

GlassWire adalah aplikasi keamanan yang memantau penggunaan data pada perangkat Android. Aplikasi ini memberikan notifikasi saat ada aplikasi yang menggunakan banyak data, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengendalikan penggunaan data mereka secara lebih efisien. GlassWire juga memiliki fitur memantau koneksi internet dan melacak aktivitas jaringan, sehingga pengguna dapat lebih aware terhadap apa yang terjadi di latar belakang perangkat mereka.

7. Forest

Forest adalah aplikasi produktivitas yang menggunakan konsep “pomodoro technique” untuk membantu pengguna tetap fokus dan produktif. Pengguna dapat menentukan waktu untuk fokus bekerja tanpa gangguan, dan selama waktu tersebut, aplikasi akan menumbuhkan pohon virtual. Jika pengguna tergoda untuk keluar dari aplikasi, pohon tersebut akan mati. Dengan konsep yang unik, Forest membantu pengguna untuk meningkatkan konsentrasi dan menghindari gangguan saat bekerja.

8. Shazam

Shazam mungkin sudah cukup terkenal, namun banyak pengguna Android yang masih belum menyadari seberapa berguna aplikasi ini. Shazam memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi lagu yang sedang diputar hanya melalui rekaman audio singkat. Aplikasi ini sangat berguna saat pengguna mendengar lagu yang tidak dikenal namanya, atau saat ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang lagu tersebut.

9. Sleep Cycle

Sleep Cycle adalah aplikasi alarm dan pelacak tidur yang cerdas. Aplikasi ini menggunakan sensor accelerometer pada ponsel untuk memonitor gerakan dan pola tidur pengguna, dan memilih titik optimal untuk membangunkan pengguna dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Dengan cara ini, pengguna akan terbangun dalam fase tidur yang lebih ringan dan merasa lebih segar. Selain itu, Sleep Cycle juga memberikan laporan visual tentang kualitas tidur setiap malam.

10. Twilight

Twilight adalah aplikasi yang dirancang untuk mengurangi paparan cahaya biru dari layar ponsel pada malam hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan cahaya biru dapat mengganggu tidur, dan Twilight hadir sebagai solusi dengan mengubah suhu warna layar ponsel menjadi lebih hangat saat matahari terbenam. Pengguna dapat menyesuaikan intensitas dan waktu aktifnya aplikasi ini sesuai preferensi mereka. Dengan menggunakan Twilight, pengguna dapat tidur lebih nyenyak tanpa terganggu oleh cahaya biru yang merusak ritme tidur mereka.

Kesimpulan

Sekian beberapa aplikasi keren untuk Android yang mungkin belum banyak diketahui oleh pengguna. Dengan adanya jutaan aplikasi di Play Store, seringkali aplikasi-aplikasi berkualitas terlewatkan oleh pengguna. Dengan memperkenalkan aplikasi-aplikasi di atas, diharapkan pengguna dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kenyamanan penggunaan ponsel Android mereka.

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button