Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Berdengung

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang sangat penting untuk membersihkan pakaian kita sehari-hari. Namun, seringkali kita menghadapi masalah ketika mesin cuci tidak berputar dan hanya terdengar berdengung. Masalah ini tentu akan membuat proses mencuci pakaian menjadi terhambat. Agar Anda tidak panik, berikut adalah beberapa cara mengatasi mesin cuci yang tidak berputar hanya berdengung.

1. Periksa Kabel dan Sumber Listrik

Kabel yang putus atau sumber listrik yang tidak stabil dapat menjadi penyebab utama mengapa mesin cuci Anda hanya berdengung tanpa berputar. Pastikan kabel listrik yang terhubung ke mesin cuci dalam kondisi baik dan tidak rusak. Periksa juga sumber listrik yang digunakan apakah stabil atau tidak. Jika ada kerusakan pada kabel, segera ganti dengan kabel yang baru untuk mengatasi masalah ini.

2. Cek Drive Belt atau Sabuk Penggerak

Drive belt atau sabuk penggerak adalah bagian yang menghubungkan motor dengan drum mesin cuci. Jika drive belt putus atau kendur, mesin cuci Anda akan hanya berdengung tanpa berputar. Periksa drive belt apakah dalam kondisi baik atau perlu diganti. Jika drive belt terlihat kendur, Anda perlu mengencangkan drive belt agar mesin cuci dapat berputar kembali dengan normal.

3. Periksa Clutch atau Kopling

Clutch atau kopling adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur putaran drum mesin cuci. Jika clutch mengalami kerusakan atau aus, mesin cuci Anda akan hanya berdengung tanpa berputar. Periksa clutch apakah dalam kondisi baik atau perlu diganti. Jika clutch sudah aus, segera ganti clutch dengan yang baru agar mesin cuci dapat kembali normal.

4. Periksa Motor

Motor mesin cuci yang mengalami kerusakan juga dapat menjadi penyebab mengapa mesin cuci tidak berputar hanya berdengung. Periksa motor apakah terdapat kabel yang putus atau komponen motor yang aus. Jika motor mengalami kerusakan, segera ganti motor dengan yang baru agar mesin cuci dapat berputar kembali dengan normal.

5. Bersihkan Filter

Filter yang kotor atau tersumbat juga dapat membuat mesin cuci hanya berdengung tanpa berputar. Pastikan Anda membersihkan filter mesin cuci secara berkala agar tidak terjadi penyumbatan yang dapat menghambat putaran mesin cuci. Bersihkan filter dengan air bersih dan sikat agar kotoran dan debu dapat terangkat dengan baik.

Dengan cara-cara di atas, Anda dapat mencoba mengatasi masalah mesin cuci yang tidak berputar hanya berdengung. Namun, jika setelah melakukan langkah-langkah di atas masalah masih belum teratasi, segera hubungi teknisi ahli untuk pengecekan lebih lanjut. Jangan mencoba memperbaiki sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup, karena dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius pada mesin cuci Anda. Semoga tips di atas bermanfaat dan membuat mesin cuci Anda kembali normal. Terima kasih.

ChatAja merupakan situs media online yang menyajikan berita dan informasi terbaru di Indonesia yang paling update.
Back to top button